Didampingi Mentor, CPNS Kemenag Atim Seminarkan Rancangan Aktualisasi

Kankemenag Aceh Timur 08-10-2019 14:33

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Timur)

Idi (Irfan Humas) Sembilan guru CPNS Kemenag Aceh timur selesai mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) tahap pertama. Kegiatan tahap pertama berlangsung selama 20 hari di Hotel Daka Banda Aceh. Selanjutnya mereka diwajibkan melakukan aktualisasi di madrasah masing-masing selama satu bulan. Sebelum kembali ke madrasah untuk membuat aktualisasi, mereka terlebih dahulu harus seminarkan rancangan aktualisasi di hadapan penguji dan mentor.

Salah seorang mentor, Syarifuddin S. Malem dari MTsN 3 Aceh Timur menjelaskan, dia bersama mentor-mentor lainnya hari ini, Selasa (8/10) menghadiri seminar rancangan aktualisasi yang dibuat oleh guru CPNS yang sedang latsar di Banda Aceh. 

Menurut Syarifuddin, tugas mentor antara lain membimbing CPNS selama masa Habituasi/Aktualisasi di unit kerja dan melakukan penilaian terhadap sikap perilaku dan penguatan kompetensi teknis bidang tugas masing-masing.

"Penilaian mencakup sikap perilaku CPNS di tempat kerja pada saat pembelajaran agenda aktualisasi", imbuh Syarifuddin.

Di samping itu, menurut mantan Sekretaris PGRI Aceh Timur itu, mentor juga menilai kompetensi teknis bidang tugas melalui serangkaian pengalaman belajar di tempat kerja.

"Tegas lain mentor adalah membiming CPNS ketika melakukan aktualisasi, membuat laporan serta mendampingi CPNS ketika presentasi laporan pada minggu pertama November mendatang di Balai Diklat Keagamaan Aceh", pungkas Syarifuddin.

Adapun mentor lainnya adalah Shulfan S.Ag, M.Pd (MAN ICAT), Drs. Sofian (MAN 1), Drs. M. Yunus, MPd (MTsN 9), dan Nurulita, SPd (MAN 2)

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW