CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Semangati Peserta AKGTK, Kakanwil Azhari: Usia bukan Penghalang untuk Kreasi dan Inovasi

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 125
Selasa, 25 Juni 2024
Featured Image
Kakanwil Kemenag Aceh Azhari, Kabid Penmad Zulkifli serta Kepala MTsN 1 Junaidi dan jajaran bersama peserta AKGTK, Selasa (25/6)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Drs H Azhari MSi dan tim memantau kelancaran proses Asesmen Kompetensi bagi Guru Madrasah dan Tenaga Kependididkan (AKGTK) 2024, Selasa, 25 Juni 2024.

 

Pada asesmen hari kedua ini, Kakanwil dan tim memantau proses ujian oleh para guru dan pengawas dan tenaga kependidikan lainnya, di MAN 1 Model dan MTsN 1 Model Banda Aceh. Ikut bersama Kakanwil, Kepala Bidang Pendiidkan Madrasah (Penmad) H Zulkifli SAg MPd dan jajaran. 

 

Kakanwil menyapa para peserta yang sedang di depan monitor dan menjawab pertanyaan via aplikasi. Sekaligus Kakanwil menyemangati peserta untuk serius ikuti asesmen yang serentak nasional ini. 

 

"Kita harapkan peserta yang sedang ikuti di seluruh Aceh, bisa ikuti sesi demi sesi dengan serius dan lancar jaringan tanpa kendala apa pun," harapnya. 

 

Soal tujuan asesmen, ujar Azhari, sebagai barometer para guru dalam peningkatan mutu belajar mengajar. 

 

Monitoring AKGTK di MAN Model dan MTsN Model kawasan Jambo Tape-Kramat ini, disambut pihak madrasah. Ikut mendampingi Kanwil, Kepala MTsN 1 Banda Aceh Junaidi Ibas SAg MSi dan panitia.

 

Di antara peserta ada yang sudah lama mengabdi. "Usia bukan penghalang untuk terus berkreasi dan berinovasi," semangati Azhari pada sebagian peserta yang tidak muda lagi. 

 

Di MAN 1, Kakanwil juga memberikan semangat bagi para calon peserta KSM yang akan berlomba di tingkat nasional di Ternate, September depan. 

 

Kakanwil mengatakan bahwa tujuan dari asessmen ini untuk memetakan dan mengevaluasi kompetensi guru dan tenaga kependidikan (GTK) madrasah secara terarah, sistematis, dan akuntabel. 

 

"Pemetaan ini dilakukan dengan mengumpulkan data tentang kompetensi pedagogik dan profesional guru madrasah, kompetensi manajerial, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan kepala madrasah, kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan pengawas madrasah," imbuhnya. 

 

Sementara itu Kabid Penmad H Zulkifli SAg MPd mengatakan bahwa peserta AKGTK Kanwil Kemenag Aceh, untuk tiga hari itu, berjumlah 12.480 peserta yang terdaftar.

 

Sedangkan titik lokasi  (tilok) sebagai Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) sebanyak 130 TAK, yang tersebar di 88 madrasah di 23 kabupaten/kota seluruh Aceh.

 

"Asesmen kompetensi tahun ini akan dilakukan berbasis digital melalui Aplikasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK)," pungkas Zulkifli yang baru kembali dari program penting pendidikan di Australia. 

 

AKGTK madrasah, jelas Zulkifli, bisa rampungkan soal sebanyak 60 butir yang terdiri dan soal pedagogik dan profesional bagi masing-masing peserta. 

 

Kanwil Kemenag Aceh gelar AKGTK 2024, sejak Senin kemarin hingga besok Rabu, 24-26 Juni 2024.

 

Asesmen yang digelar untuk Kepala Madrasah, Guru, Pengawas dan lainnya, serentak secara nasional digelar melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Ditjen Pendis Kemenag RI.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh