CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Meski TPQ Kecil, Buat Job Deskripsi

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 2220
Rabu, 29 Mei 2013
Featured Image
Banda Aceh-KemenagNews (29/5/2013) "Meskipun TPQ atau TPA itu ada puluhan murid dan belasan ustadz-ah, mohon bagikan wewenang kerja (job deskripsi), dan percayakan mitra kerja kita, setelah kita membagi job itu. Buat sekretariat, minta sedikit ruang untuk persuratan dan arsip (tata usaha, administrasi, atau sekretariat), dan tunjuk bendahara, meskipun dia memegang bon, bukan kas (kontan). Sebab di samping ajang belajar menata diri dan beroraganisasi, job itu juga bermakna secara islami," ajak Muhammad Yakub Yahya, MAg, Direktur TPQ Plus Baiturrahman dalam pelatihan TPQ se Aceh, di Oasis Hotel, tadi malam (28/5) Dalam materi "Strukur, Tugas, dan Fungsi Pengurus TPQ", Yakub sampaikan, bahwa sekarang database dan pelaporan TPQ perlu, baik diminta laporan atau data itu (mungkin untuk Dinas atau Kementerian) maupun untuk kalangan sendiri. Biasa akan sesegera mungkin dan seefektif mungkin pendataan didapati, jika ada sekretariat, dan dengan adanya job yang jelas. Materi lain dalam orientasi tiga hari itu, "Spritualitas Ustadz-ah", "Bedah Iqra', dan "10 Sifat Iqra'" bersama H. Azhar, MA, serta "BCM (Bernyanyi, Bercerita, dan Bermain)" bersama Husni Suardi, SPd.Yakub, staf Humas Kanwil, lanjutkan, di antara job itu (pengalaman di Baiturrahman), ialah:DIREKTUR & WAKIL DIREKTUR meliputi aspek: (1). Kelembagaan; baik Eksternal maupun Internal, Luar dan Dalam; Hubungan-hubungan, Relasi, Kerjasama antar Lembaga, Lintas Sektoral, Donatur, Pengadaan dalam Jumlah Besar, Pengembangan Program, Karir Ustadz/ah, Aspek Sosial/Kunjungan Sosial, Kewalimuridan/POM, Kemasjidan, Kehumasan, Rapat-rapat, Pelatihan, Nonaktif dalam Jangka Lama, Penerimaan Ustadz/ah dan Murid Baru, Tasyakkur-HB3, Milad, Pelaporan, dst; (2). Bertanggung jawab dalam jalinan kerjasama serta pengawasan yang bersinergis, terhadap semua kegiatan Lembaga, dari atas sampai bawah, dalam dan luar lembaga, termasuk Sanggar dan semua elemen di bawah ini; (Wakil Direktur (Wadir), menjalankan tugas bersama Direktur, baik Direktur hadir maupun absen; Periode Kepengurusan bukan hanya untuk jangka pendek dan sempit, tapi juga untuk regenerasi, pembelajaran, dan koordinasi dalam Struktur).SEKRETARIS meliputi aspek:(1). Keadministrasian dan kesekretariatan, Data-data, Surat-surat, Pengetikan, Penggandaan, Pengarsipan, Pelaporan, dst;(2). Inventarisasi Aset, Alat-alat Tulis, Percetakan Musiman (terbatas), Perpustakaan TPQ, Mading, Penerbitan, Penataan File Kabinet, Penataan File/ Data di Computer, dst;(3). Menyiapkan alat-alat rapat, notulen rapat, mensosialisasikan agenda sosial, agenda rapat, & hasil rapat, dst;BENDAHARA meliputi aspek:(1). Keuangan; Infaq, Tunjangan, Transportasi, Denda, Pembelian, Pengadaan Rutin, Bon-bon, Pinjaman, Pelaporan, dst;(2). Penyiapan Kelengkapan Barang di ‘kios TPQ’, Pengadaan Alat Tulis dan Aalat/ Bahan Ajar, Pengadaan Baju dll untuk Murid Baru/ Lama, dst; KABAG PENGAJARAN & WAKABAG PENGAJARAN meliputi aspek:(1). Kepengajaranan/Akademik; Roster, Kalender Akademik, Kurikulum, Silabus, Jadwal-jadwal, Absensi, Piket Shaf, Buku Pengontrol, Bidang Studi, Bel, dst; (2). Mutasi Ust/ah, Spesialis Ust/ah, Penerimaan Ust Baru, Disiplin/ Evaluasi Ust Lama, Dispensasi-dispensasi, Izin-izin, Koordinator, Kewalikelasan, dst;(3). Ujian, Rapor, Ijazah, Kesiapan Tasyakkur, dst;KABAG KEMURIDAN & WAKABAG KEMURIDAN meliputi aspek:(1). Kemuridan; Kondisi Murid, Distribusi Murid, Kelengkapan Murid, Perlengkapan Murid, Absensi, Mutasi Murid, Murid Bermasalah, Kewalimuridan, dst;(2). Penerimaan Murid Baru, Kesiapan Tasyakkur, Ujian, Rapor, Ijazah, dst; Acara yang digelar Bidang PD Pontren Kanwil itu dibuka Pgs Kakanwil, Habib Badaruddin, S.Sos. Selian Pelatihan guru, bersama dengan itu juga ada dua kegiatan lain yang diselenggarakan oleh Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh bagi pimpinan Pondok Pesantren se-Aceh di Hotel Oasis, Banda Aceh (27/5), hingga dua-tiga hari.Ketiga kegiatan yang dibuka sekaligus oleh Kabag TU yaitu, Workshop Pembinaan Manajerial Pimpinan Pondok Pesantren, Kegiatan Orientasi Guru TPA/TPQ dan Pembinaan Manajerial Pimpinan Pondok Pesantren Mu’adalah. [yyy]
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh