Tingkatkan Kinerja, Kakankemenag Raker Dengan Kepala Madrasah

Kankemenag Aceh Utara 09-10-2019 13:09

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Utara)

Lhoksukon (Masnoer)---Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Utara H. Salamina, MA membuka Rapat Kerja (Raker) Kepala Madrasah se-Aceh Utara.

Rapat kerja tersebut membahas tentang Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) dan Sistem Manajemen Rekening Terpadu (SMART) yang digelar di Balai Al-Ikhlas Kankemenag setempat, Rabu (9/10)

Raker ini diikuti oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Aceh Utara Drs. H. Jamaluddin, M.Pd, Kasi Pendidikan Madrasah Drs H. Hamdani A Jalil, MA dan Kasi Bimbingan Masyarakat Islam H. Asnawi, S.Ag, M.Sos.

Sedangkan peserta diikuti oleh Kepala MI, Kepala MTs, Kepala MA, KTU, MTs dan MA serta Operator MI.

Kepala Kankemenag Aceh Utara H. Salamina, MA mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk membahas tentang aplikasi SIMPEG dan SMART.

"Data merupakan sumber acuan dalam pengambilan keputusan dan penyusunan program,'' ucapnya

Menurut H. Salamina banyak aplikasi yang berhubungan dengan data, seperti Simpeg untuk kepegawaian, untuk Bimas ada Simbi, untuk haji ada Siskohat, untuk pendidikan ada Emis, perencanaan dan keuangan ada Empa dan Smart. ''Semuanya terhimpun dalam Data Keagamaan,'' tambahnya.

Analis Kepegawaian Kankemenag Aceh Utara Khudhari, S.Sos dalam materinya mengatakan Simpeg kaitannya dengan pengelolaan kepegawaian yang dituntut untuk cepat, efesien dan akurat sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pengelolaan kepegawaian ASN  Kemenag sehingga kebijakan yang dihasilkan tepat sasaran.

"SIMPEG tidak hanya sekedar merekam data pegawai saja. Dengan adanya SIMPEG ini, penerbitan SK KNP, KGB, Mutasi, ijin belajar, absensi finger print dan pengarsipan secara digital dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut”. Ungkapnya

Dengan menggunakan Aplikasi Simpeg akan lebih cepat mengakses semua data yang diperlukan, termasuk  updating data pegawai berikut pengawasannya dapat dilakukan dalam waktu sangat singkat dan sangat mudah, sehingga semua level unit kerja dapat memantau perkembangan update data pegawai,” harap Analis.

Sedangkan untuk Aplikasi SMART dipaparkan oleh Perencanaan Kankemenah Aceh Utara Ridamutia Rahmi, S.Sos

"Aplikasi SMART adalah terdiri dari modul akses administrator, akses pusat, dan akses operator kantor daerah/instansi vertikal. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan akan dengan lebih mudah memonitor data rekening pemerintah dan membuat laporan secara berjenjang dengan lebih cepat dan akurat karena menggunakan sistem single database/terpusat" jelasnya.

Dalam kesempatan itu para operator diingatkan supaya mengisi data samapi bulan September.

Kategori Informasi dan Humas Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW