CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Penyuluh Aceh Timur Masuk Nominasi Penyuluh Award Tingkat Nasioanal, Berikut Profilnya

Image Description
Muhammad Haris Shalaziq
  • Kontributor
  • Dilihat 77
Senin, 10 Juni 2024
Featured Image

Misbahul Jannah seorang Penyuluh Agama Islam Non PNS Kemenag Kabupaten Aceh Timur, yang menuju ke tahap Nasional setelah dirinya terpilih sebagai Penyuluh Agama Islam (PAI) Award 2024 tingkat Provinsi Aceh, di Grand Arabia Hotel, Banda Aceh, 27 Mei 2024.

 

Misbahul Jannah berkomitmen untuk mengikuti seleksi penyuluh Agama Islam Award yang dimulai dari tingkat kabupaten, hingga ke tingkat provinsi dan insyaAllah beliau bersama 6 orang penyuluh Agama Islam lainnya akan menuju ke tingkat Nasional yang dilaksanakan di Juli mendatang. 

 

Misbahul Jannah adalah Penyuluh pada KUA kecamatan Julok sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang lahir di Aceh Timur pada 22 Juni 1994 merupakan anak ke lima Dari 6 Bersaudara dari pasangan Alm Tgk H Badruddin Dan Hj Dalwani Ia telah menyelesaikan Pendidikan Sarjana di Fakultas Syariah IAIN Langsa pada Tahun 2016 silam.

 

Dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Penyuluh Agama Islam Misbah melakukan pembinaan di berbagai majelis taklim, lembaga pendidikan seperti TPQ sekolah, Madrasah dan juga sebagai aktifis perempuan dalam kegiatan keagamaan di wilayah kecamatan julok Kabupaten Aceh Timur.

 

Untuk diketahui Misbah bersama 7 orang penyuluh Agama Islam dari Kabupaten/Kota lainnya di Aceh berkesempatan menjadi nominator PAI Award 2024 tingkat nasional yang akan mewakili Aceh atas nama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh.

 

Perempuan yang memiliki 2 anak ini aktif memberikan penyuluhan melalui berbagai Platform Media Sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram dan Tiktok.

 

Misbah Juga Aktif Sebagai Master Of Ceremony di berbagai kegiatan baik di Kantor Maupun maupun di Kegiatan Sosial Lainnya dan merupakan satu-satunya Perempuan yang Aktif Menjadi Master Of Ceremony di Wilayah Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur.

 

Misbah mengikuti Ajang Penyuluh Agama Award ini dengan memilih kategori Pemberdayaan Ekonomi Umat, dengan tema Eksistensi Penyuluh Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Terpencil Melalui

 

Tak hanya itu Misbah juga gencar melakukan sosialisasi Pembuatan Sertifikat Halal, Yaitu merupakan Sebuah program  kementerian agama RI yang juga digalakkan oleh KUA Kecamatan Julok

 

Untuk diketahui bersama ummi Misbah selain sebagai penyuluh Agama Islam Non PNS, beliau juga sebagai Pendamping Sertifikat halal Yang Aktif dan memiliki peran strategis sebagai pelatih pembuatan tas dari manik-manik Kristal di Kecamatan Julok.

 

Dalam Melakukan Pemberdayaan Perekonomian Umat, Misbah memerlukan Metode untuk mewujudkan tujuan dari program ini yaitu Penerima Manfaat Program yang merupakan anak muda binaan penyuluh Agama Islam KUA Julok yang merupakan kalangan dari keluarga yang tidak mampu.

 

Misbah bersama Anak Muda Binaannya merencanakan dan menyusun jadwal, pelatihan bersama Penerima Manfaat.

 

Kemudian Misbah melakukan kunjungan rutin sesuai dengan kesepakatan bersama dengan melakukan kunjungan serta menyiapkan bahan yang berbeda dalam setiap kunjungan, bahan yang dipakai merupakan bahan yang murah dan mudah didapat akantetapi bagus bentuk maupun motif sehingga jika barang yang sudah jadi memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan. baik berupa tas maupun dompet harganya terjangkau dikalangan masyarakat sekitar Nampak Elegan dan Mewah Karena Mewah Gak mesti Mahal itu adalah Komitmen Misbah dalam melakukan pembinaan pemberdayaan ekonomi Umat.

 

membuat sebuah produk untuk dijual agar laris manis dipasaran sesuai dengan kantong. Niat serta Usaha merupakan dedikasi Misbah dalam Metode Eksistensi dalam meningkatikan perekonomian Masyarakat Terpencil Melalui Pembuatan Sertifikat Halal, untuk mewujudkan keluarga yang sakinah dan mandiri dalam hal ekonomi keluarga mendapat apresiasi tinggi dan sangat dirasakan oleh Masyarakat Kecamatan Julok, Semua Pegawai KUA Julok .

 

Sementara itu Kankemenag Kabupaten Aceh Timur H Salamina SAg MA memberikan dukungan, support dan apresiasi setinggi tingginya dengan lolosnya Misbah pada ajang seleksi tingkat Kabupaten dan dilanjutkan pada seleksi PAI Award tingkat Provinsi Aceh.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh