CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kerja Sama dengan Ikadi, Kanwil Gelar Pembinaan Keluarga Samara

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 369
Senin, 14 Desember 2020
Featured Image

Banda Aceh (Humas)---Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kanwil Kementerian Agama  Provinsi Aceh kembali gelar pembinaan keluarga sakinah secara webinar.

Dalam acara webinar Sakinah Mawaddah Warahmah atau Samara (Pilar-pilar Keluarga), yang digelar bermitrakan dengan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Aceh, Kanwil melalui Bidang Urais Binsyar yang diwakili Kasi kepenghuluan dan Fasilitas Keluarga Sakinah, Khairuddin SAg MA sampaikan sejumlah harapan.

"Dalam Islam, konsep keluarga yang dapat mengemban peran menanamkan nilai moral tersebut dinamakan keluarga sakinah," ujarnya dalam acara online, beberapa waktu lalu itu.

"Keluarga sakinah adalah sebuah konsep keluarga ideal menurut Islam yang tidak hanya bisa menciptakan kehidupan keluarga bahagia dan sejahtera yang diliputi kasih sayang, tetapi juga dapat menjalankan fungsinya dengan baik, terutama fungsi edukatif dan religius," kutip Khairuddin dalam acara zoom meeting itu.

Sebutnya dalam acara virtual itu, Kementerian Agama memberikan definisi sakinah yaitu kondisi ketenangan jiwa karena kebutuhan spiritual, intelektual, mental, sosial, seksual, finansial, dan lain-lain terpenuhi dengan baik sesuai dengan ikhtiar maksimalnya, dalam kondisi suka maupun duka.

"Maka, bagi Kementerian Agama, keluarga sakinah adalah keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi hajat spiritual dan material secara layak dan seimbang, diliputi suasana kasih sayang antara anggota keluarga dan lingkungannya dengan selaras, serasi, serta mampu mengamalkan, menghayati dan memperdalam nilai-nilai keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia," sebutnya dari regulasi yang ada.

"Membangun rumah tangga harapannya selalu berpilar kepada sakinah; damai, tenang dan bahagia yang didalam terdapat cinta, sayang, komitmen, tanggung jawab, kebersamaan dan komunikasi dengan baik," sisipnya.

"Membangun keluarga sakinah memang tidak mudah, Maka Kakanwil Kemenag Propinsi Aceh mengharapkan agar acara yang dilakukan oleh IKADI oleh ini dapat memberikan pencerahan kepada peserta zoombinar, dan ke depan dapat ditindaklanjuti acara seperti ini," pungkasnya.[yyy]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh