CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Diungkap dalam PPKB, Kompetensi Guru PAI di Aceh tidak Sedang Baik-baik saja

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 412
Kamis, 9 November 2023
Featured Image

Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Aceh melaksanakan Kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Angkatan I di Kabupaten Aceh Barat, Rabu, 8 November 2023.

 

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Aceh H Khairul Azhar SAg MSi, dalam sambutan acara di Tiara Hotel Meulaboh ini menyampaikan bahwa setiap guru harus ada kemauan untuk meningkatkan kompetensinya, baik dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di Kabupaten/kota masing-masing atau mengikuti setiap pertemuan KKG/MGMP.

 

Khairul Azhar yang ssbelumnya Kakankemenag Aceh Barat, juga mengajak para guru mau melanjutkan kuliah ke jenjang S-2 sehingga guru Pendidikan Agama Islam itu tidak tertinggal dari perkembangan ilmu pengetahuan.

 

Sebab, lanjut Khairul yang pernah menjadi Kepala Madrasah RIAB ini, karena dalam dunia pendidikan terdapat banyak perkembangan terkini yang harus diikuti oleh para guru PAI.

 

"Setelah keluar nilai pemetaan kompetensi (PK) online beberapa waktu yang lalu, kita menyadari yang bahwa kompetensi Guru PAI kita tidak sedang baik-baik saja," ungkapnya.

 

"Oleh sebabnya kita terus berpacu dari ketertinggalan tersebut. Kegiatan PPKB yang hari ini kita laksanakan adalah sebagai pemantik bagi guru PAI untuk bersemangat dalam meningkatkan kompetensi diri bapak/ibu sekalian," imbuh Khairul yang pernah aktif di Bidang Penmad Kanwil.

 

"Di sisi lain sebagai guru Pendidikan Agama Islam bapak/ibu juga sebagai panutan di tengah-tengah masyarakat," ajaknya di depan 40 peserta dan panitia dari Bidang PAI.

 

Kepada peserta, ia berpesan supaya mengikuti kegiatan ini dengan serius, materi yang dipaparkan oleh pemateri dapat diterima dengan baik dan mengaplikasikan di sekolah di mana peserta ini mengajar.

 

Ketua Panitia Kegiatan Dr Taharuddin MA dalam laporannya menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, para guru PAI yang memiliki kemampuan dan keahlian yang baik dalam mengajar akan dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada siswa.

 

Kegiatan yang berlangsung 1 hari fullday siang 23 Rabiul Akhir 1445 H ini, diikuti peserta dari guru PAI sebanyak 40 orang guru dari 3 kabupaten, yaitu Aceh Barat sebanyak 20 guru, Aceh Jaya 10 guru, dan Nagan Raya 10 guru PAI.[]

Editor : Ahsan Khairuna
Fotografer : Wahyu Bidang PAI
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh