Kankemenag Aceh Utara Terima Paspor dan Buku Manasik CJH 2020

Kankemenag Aceh Utara 17-06-2020 20:08

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Utara)

Lhoksukon (Masnoer)---Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Utara Melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menerima buku paspor dan buku manasik Calon Jamaah Haji (CJH) untuk tahun 2020 dari Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilyah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Rabu (17/6)

Paspor dan Buku Manasik diterima langsung oleh Kepala Kankemenag Aceh Utara H. Salamina, MA di Ruang PHU Kankemenag Aceh Utara.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M, bahwa semua paspor jamaah haji dikembalikan kepada pemiliknya masing-masing.

“Kedua buku tersebut dikembalikan kepada masing-masing jamaah melalui Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan” ungkap Kakankemenag

Beberapa bulan sebelum musim haji, paspor jamaah diantar ke Kanwil untuk proses selanjutnya untuk pemvisaan. Data diimput ke Siskohat Kemenag seperti di sistem data keimigrasian via Machine Readable Travel Document (MRTD).

Terkait dengan pembatalan keberangkatan haji, pihaknya dapat menerima dengan ikhlas keputusan pemerintah karena demi kebaikan dan kesehatan calon jemaah itu sendiri.

“Sebanyak 522 calon haji asal Bumi Malikussaleh yang batal berangkat tahun ini akan diprioritaskan ke Tanah Suci tahun depan” ungkapnya

Untuk itu Kakankemenag Aceh Utara mengimbau para JCH yang sudah melunasi  Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini diberangkatkan, agar bersabar. Insya Allah akan diberangkatkan tahun depan.  

“Bagi JCH usia lanjut yang meninggal dunia meskipun belum sempat melaksanakan ibadah haji tahun depan sudah mendapat pahala haji baginya, dan bagi JCH yang ingin menarik BPIHnya juga dibenarkan,” jelas H. Salamina

Kategori Informasi dan Humas Penyelenggaraan Haji & Umrah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW