Akhir Lomba Video Pembelajaran, Ini Pemenangnya

Kankemenag Bireuen 03-01-2020 11:31

Foto bersama para juara, usai penyerahan hadiah (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Bireuen)
Bireuen (Farizal) Dalam rangka meningkatan kualitas pendidikan di lingkungan madrasah, sekaligus memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 kementerian agama, kankemenag Bireuen melalui seksi pendidikan madrasah (penmad) menyelenggarakan lomba video pembelajaran guru madrasah dan Raudhatul Atfal (RA) tahun 2019.
Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak 1 Nopember 2019 lalu sudah melalui sejumlah tahapan, dan yang terakhir adalah penilaian kembali terhadap 35 video terbaik pilihan tim penilai yang masuk nominasi, dari 117 video pembelajaran guru.

Hasil penilaian akhir tersebut, tim penilai memilih para juara berdasarkan tingkat/ jenjang pendidikan yang diumumkan setelah puncak peringatan HAB ke-74 kemenag.
Berikut adalah juara-juara lomba, sebagaimana dibacakan sekretaris tim penilai, M Daud SAg MPd, di hadapan seribu lebih peserta upacara pada Jumat (3/1/2020) di halaman MIN 50 Bireuen.
Pertama, untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA): juara I, Dedek Kelana SE, guru MAN 2 Bireuen; juara II, Rina Julaini SPdI, guru MAN 4 Bireuen; dan juara III, Irwansyah SPd, guru MAN 1 Bireuen.
Kedua, jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs): juara I, Wardah MAg, guru MTsN 9 Bireuen; juara II, Hj Yusrawati SPd, guru pada MTsN 1 Bireuen; dan juara III, Sitti Nurlaila SAg, guru pada MTsN 5 Bireuen.
Ketiga, jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI): juara I, Suryani SPdI, guru MIN 32 Bireuen; juara II, Eva Zahara SPdI, guru MIN 19 Bireuen; dan juara III, Nurlaili SPdI, guru MIN 50 Bireuen.
Terakhir untuk tingkat RA hanya terdapat satu-satunya video yang memenuhi syarat, sebagaimana dibacakan M Daud di hadapan peserta upacara, sehingga otomatis terdapat juara I saja, yaitu Yusrawati SPdI, guru RA Arrayyan, Juli-Bireuen.
Ketua tim penilai lomba, Jahallim Solin SAg MA, yang didampingi sekretaris tim, M Dauh SAg MPd, yang ditemui media ini usai penyerahan hadiah mengatakan, pelaksanaan kegiatan lomba diharapkan dapat memotivasi para guru untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.
Menurutnya, hal ini sangat penting dilakukan para pendidik, terutama dalam hal memilih dan menggunakan metode, strategi, maupun pendekatan pembelajaran di ruang-ruang kelas sehingga proses pembelajaran berlangsung maksimal.
“Peran guru akan sangat menentukan kualitas proses dan hasil pendidikan yang dilakukannya di ruang-ruang kelas. Guru harus terus meng-update informasi terkini terkait pembelajaran dan media yang digunakannya. Apalagi di era revolusi industri 4.0 ini,” katanya.
Karena itu, Ia bersama tim penilai lomba laninnya yang merupakan pengawas madrasah berharap kegiatan lomba seperti ini terus digalakkan dan didukung pelaksanaannya setiap tahun.
Ia juga berterima kasih dan mengapresiasi kinerja tim, baik panitia, tim penilai, maupun semua pihak yang telah bekerja keras dan mendukung kegiatan mulai dari awal hingga kegiatan sukses terlaksana, meski “nol” anggaran.
“Alhamdulillah, saya salut dengan kinerja tim yang dengan tulus ikhlas dan tanpa pamrih sudah dapat menyelesaikan tugasnya masing-masing, meskipun untuk kali ini tidak ada anggaran sama sekali. Namun ke depan jika memungkinkan, kami berharap akan ada sedikit reward untuk teman-teman panitia,” harapnya.

Kategori Informasi dan Humas Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW