CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Satu Jemaah Haji Aceh Kloter 12 Meninggal Dunia

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1265
Jumat, 16 Agustus 2019
Featured Image

Banda Aceh (inmas) --- Inna lillaahi wa innaa ilaihi raji'un. Seorang Jemaah Haji asal Aceh yang tergabung dalam kloter 12-BTJ, Husen Hasan Sulaiman, 92 tahun, asal Nibong Baroh, Kabupaten Aceh Utara, meninggal dunia di Mekah, Jumat (16/8) pagi.

Informasi meninggalnya Husen disampaikan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 12, Hamdan kepada Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Nasril. 

Menurut Hamdan, Husen dinyatakan meninggal oleh dokter pada jam 07.15 Waktu Arab Saudi karena penyakit paru-paru dan pendarahan pada otak.

Dokter Maulida selaku dokter pada kloter tersebut menjelaskan Almarhum memiliki riwayat stroke hemoragik, hipertensi, hematoma, hemiplegia, dan gediatric demensia. Pada 4 Agustus, menurut Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), jemaah pernah dirujuk ke sektor dan esoknya kembali ke kloter. Lalu pada 6 Agustus dirujuk lagi ke Klinik Kesehatan Haji Indonesi (KKHI) dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi Al Noer. Yang bersangkutan dikembalikan lagi ke kloter pada 15 Agustus dengan kateter terpasang.

"TKHI langsung mengobservasi jemaah," terang dr. Maulida. Sebelum meninggal, lanjutnya, pada jam tujuh, jemaah sempat disuapi makan dan minum oleh isterinya, setelah makan tampak lemas dan kondisi kesehatannya menurun. Lalu, teman sekamarnya memanggil TKHI yang langsung datang ke kamar dan kondisi jemaah semakin memburuk, lalu dipasangkan infus dan kateter.

"Jam 07.15 sudah tidak tertolong lagi, dengan pupil melebar, nadi tidak teraba lagi. Pasien dinyatakan meninggal dunia," jelas dr.Maulida.

Sementara Hamdan mangatakan bahwa saat ini sedang pengurusan jenazah. "Pihak maktab sedang menuju hotel. Semoga bisa disalatkan setelah Jumat, meskipin perkiraan kami setelah asar.

Sementara itu, M Nasril mengatakan bahwa sampai hari ini, Jumat (16/8), sudah delapan jemaah asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi untuk musim haji tahun 2019 ini.

Sebelumnya, Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya, yang tergabung dalam kloter 1, wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah, Sabtu (3/8). Lalu Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) dari kloter 2, asal Aceh Timur meninggal dunia pada Minggu (4/8) dan Abdurahman Chasbullah Surati (62) dari kloter 2 asal Ulee Kareng, Banda Aceh, meninggal pada Senin (5/8).

Lalu JCH dari kloter 10, Tarmizi Bungsu Agam (76) asal Aceh Selatan, meninggal dunia pada Kamis (8/8) di Mekah, dan Bungsu Daud binti Daud Cut Agam (68) asal Pidie yang tergabung dalam Kloter 11 meninggal dunia di Mina, Senin (12/8) lalu.

Lalu, Rabu (14/8), jemaah kloter 9 asal Bireuen, Amiruddin Muhammad Adam (54) juga meninggal di Mina dan Kamis (15/8) kemarin,  Ibrahim Abdullah Amin (76), kloter 4 asal Aceh Besar, meninggal dunia di Syisyah.*

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh