Diantara Bukit dan Lembah, Bimwin Angkatan ke XIV di Gelar

Kankemenag Aceh Tengah 29-07-2019 17:45

Bimwin angkatan xiv kankemenag aceh tengah (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tengah)

Takengon (Sudrajat) -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui Seksi Bimas Islam kembali menggelar Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi Calon Pengantin angkatan ke XIV, Senin, 29/7/19

Pelaksanaan Bimwin angkatan ke XIV cukup menantang karena kegiatan tersebut di laksanakan di Desa Jeget Ayu Kecamatan Jagong Jeget yang letaknya berada diantara Bukit dan Lembah, dengan jarak tempuh dari Kabupaten sekitar 2 jam perjalanan.

Ditinjau dari geografisnya, Kecamatan yang pernah diguyur hujan es pada Minggu, (7/7/19) silam memiliki ketinggian sekitar 1500 meter dari permukaan laut (mdpl) dengan suhu rata-rata 15-18 derajat celcius dengan jarak tempuh ke Kabupaten (Pusat kota) sekitar 50 km, dan memiliki danau kecil.

Walaupun dilaksanakan di Kecamatan, Bimwin angkatan ke XIV ini diisi oleh narasumber ahli yaitu: Drs. H. Amrun Saleh, MA Kakankemenag Aceh Tengah, Hasan Basri, S.Ag Ka.KUA Silih Nara, Mahbub Fauzie, S. Ag Ka.KUA, pemateri dari unsur Kesehatan reproduksi, psikolog, dan P2A Polsek Setempat. Merupakan fasilitator bimbingan perkawinan yang mampu memberikan bekal pengetahuan yang bermanfaat bagi calon pengantin dan pasangan pernikahan dalam memelihara keutuhan keluarga.

Kakankemenag Aceh Tengah Drs. H. Amrun Saleh, MA dalam sambutannya menjelaskan untuk menuju pernikahan yang kokoh dan sakinah yaitu dengan membangun rumah tangga berlandaskan agama dan ilahiyah, mandiri dalam ekonomi keluarga, tahan terhadap permasalahan yang muncul dalam keluarga dan ketangguhan memainkan peran dalam lingkungan sosial.

Lebih lanjut Kakankemenag menyampaikan kepada peserta Bimwin yang hadir bahwa pernikahan perlu perencanaan dan persiapan yang matang.

"Pernikahan bukan hal main-main, perlu persiapan dan perencanaan, calon pengantin harus mempelajari ilmu Agama dan mengamalkannya, kominikasi dan musyawarah dalam keluarga, serta saling menghargai", jelas Drs H. Amrun Saleh, MA

Untuk menciptakan kegiatan bimbingan perkawinan yang inovatif dan menyenangkan tanpa mengurangi esensi dan makna bimbingan perkawinan para pemateri menyisipkan simulasi game-game antuk mengusir kejenuhan dalam penyampaian materi, hal ini dimaksudkan suasana Bimwin lebih hidup, tidak jenuh serta materi yang disampaikan narasumber lebih dapat diserap peserta, kami menyisipkan simulasi  game-game dalam penyampaian materi, tentunya game ini tidak sembarangan tetap ada kaitannya dengan materi bimbingan perkawinan.

Bimwin angkatan XIV digelar di Balai Desa Jeget Ayu yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 29 s.d 30 Juli 2019 dan diikuti 97 orang catin yang berasal dari tiga Kecamatan berbeda yaitu Jagong Jeget, Linge dan Atu Lintang.

Turut hadir pada pelaksanaan Bimwin tersebut Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. Alwin, Kasi PD Pontren Ihsanuddin, S.Ag, Para Staf Bimas Islam Kankemenag Aceh Tengah, Kepala KUA Kec. Silih Nara Hasan Basri, S.Ag, Kepala KUA Jagong Jeget Mahbub Fauzie, S. Ag serta pemateri dari unsur kesehatan, psikolog, P2A Polsek Jagong Jeget.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW