Mesjid Sebagai Sarana Pembinaan Umat, Ukhuwwah dan Tarbiyah Islam

Kankemenag Nagan Raya 09-05-2019 14:05

Tausiyah Singkat Optimalisasi Peran dan Fungsi Masjid. (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Nagan Raya)

Suka Makmue (Humas) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya melaksanakan kegiatan tausiyah ramadhan yang digelar setelah sholat dzuhur di mushola Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya. 

Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Nagan Raya, Drs. H. M. Basir, M.SI pada kesempatan tausiyah hari Rabu (08/05) menyampaikan tausyiyah tentang optimalisasi peran dan fungsi masjid.  H. Basir menyampaikan dan mengajak jamah untuk mengingat fungsi masjid pada zaman Rasulullah, bahwa mesjid bukan sekedar sebagai tempat untuk melaksanakan sholat semata namun juga dipergunakan sebagai madrasah bagi umat muslim untuk menerima pengajaran islam. 

Masjid juga menjadi balai pertemuan untuk mempersatukan berbagai unsur kelompok atau kabilah pada masa itu. Masjid juga berfungsi sebagai tempat untuk bermusyawarah dan menjalankan roda pemerintahan. Keberadaan masjid pada era rasulullah lebih tepat dikatakan sebagai institusi yang membangun peradaban umat islam.

Lebih lanjut, H. Basir mengajak jamaah yang terdiri dari ASN di lingkungan Kankemenag Kabupaten Nagan Raya itu, untuk dapat menjalankan manajemen dan fungsi mesjid hari ini, serupa dengan fungsi pada zaman Rasulullah, yakni masjid sebagai sarana pembinaan iman, pembinaan masyarakat Islam, pengokohan ukhuwah islamiyah, sarana perjuangan dan tarbiyah bagi umat. [L]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW