Siswa SMP PKPU Belajar Hisab Rukyat ke Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang

Inmas Aceh 13-03-2018 18:31

Aceh Besar (Inmas)---Sebanyak 120 siswa SMP PKPU Neuhen Aceh Besar melakukan kunjungan belajar ke Gedung Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kemenag Aceh, di Lhoknga Aceh Besar, Selasa (13/3).

Kedatangan mereka juga disertai 12 guru pendamping.

Dalam kunjungan tersebut, para siswa belajar tentang astronomi islam dan diperkenalkan lebih dekat instrumen yang digunakan kanwil Kemenag Aceh dan tim Badan Hisab Rukyat (BHR) dalam Rukyatul Hilal setiap awal bulan Qamariah. 

Petugas Observatorium menyediakan beberapa instrumen untuk praktek pembelajaran siswa-siswa yang hadir, diantaranya, Teleskop reflektor VC200L, Teleskop refraktor vixen ed 100sf, skywatcher refraktor dan 3 unit Binocular. 

Terlihat siswa sangat antusias dalam menyimak dan mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh petugas Observatorium. 

Selain itu, petugas juga mengajak siswa untuk mempraktekkan langsung pengunaan Teleskop yang tersedia di Observatorium. 

Dikarenakan peserta datang pada siang hari, maka obyek benda langit yang bisa diamati adalah matahari. 

"Semoga mereka semua menjadi ilmuan muslim yang berakhlak mulia pada masa yang akan datang" ucap Aznur Johan yang memandu mereka

Seperti diketahui, Gedung Observatorium tersebut terbuka untuk umum, bagi siswa, mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin menyaksikan atau praktik falakiyah, silahkan datang ke Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga, cukup dengan mengirim surat pemberitahuan. Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh.[]

Kategori Informasi dan Humas