[Kota Subulussalam | Faisal] Salah satu unsur penting dalam mengajar adalah motivasi dan mengarahkan siswa untuk belajar. Proses belajar mengajar dapat berhasil jika guru sebagai pengajar mampu mengorganisir kegiatan belajar dengan baik.
Kegiatan belajar adalah suatu rangkaian pengajaran dimana guru sangat mengharapkan hasil yang baik untuk dicapai dalam mengingkatkan prestasi belajar siswa, maka pada setiap akhir pengajaran guru diharuskan untuk memberikan tugas kepada siswa untuk diselesaikan di luar jam pengajaran atau di rumah untuk lebih memahami materi yang baru dipelajari di sekolah.
Sebab dengan pemberian tugas pada setiap akhir pelajaran sangatlah penting bagi keberlangsungan proses belajar mengajar untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Beda halnya dengan MTsS Hidayatullah, di mana Pekerjaan Rumah (PR) yang biasanya dikerjakan siswa sekolah lain, akan tetapi siswa MTsS Hidayatullah mengerjakannya di asrama. Ini karena para siswa-siswanya diharuskan tinggal di dalam pasantren.
Saat ini siswa Madrasah Hidayatullah dipenuhi dengan Pekerjaan Asrama (PA) yang bertujuan untuk lebih memahami materi yang baru dipelajari di sekolah.
Sebab dengan pemberian tugas pada setiap akhir pelajaran sangatlah penting bagi keberlangsungan proses belajar mengajar untuk mencapai hasil yang diharapkan, bahkan setiap guru mata pelajaran memberikan PA minimal 5 buah soal dan maksimal 10 soal berbentu essay.
Pemberian PA ini merupakan sebuah metode, pemberian tugas siswa terbiasa mengulangi materi materi yang telah di berikan oleh seorang guru di sekolah. Siswa akan terdorong untuk belajar, dikarenakan adanya pemberian tugas oleh gurunya. Pada metode pemberian tugas siswa dituntut pertanggung jawabanya untuk mengerjakan tugas yang telah di berikan ole gurunya, kerena kemungkinan besar pada pertemuan berikutnya pasti ditanyakan tugas yang telah di berikan.
Salah seorang guru Madrasah Hidayatullah menyampaikan kepada redaksi, "Kami memberikan PA terhadap siswa kami, Ini adalah sebuah metode untuk meningkatkan dan membantu peran siswa untuk memecahkan masalah yang diperoleh dalam proses belajar."
"Oleh karena itu metode pemberirian tugas cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Karena dengan adanya pemberian tugas siswa akan dituntut untuk belajar dan belajar, sehingga hal ini tentunya berpengaruh dengan tingkat pemikiran siswa dan berpengaruh juga terhadap hasil atau prestasi siswa," tutupnya. [yyy]