CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakanwil Azhari dan Bupati Aceh Tengah Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf dan Sertifikat Produk Halal

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 277
Jumat, 19 April 2024
Featured Image
Kakanwil Kemenag Aceh dan Pj Bupati Aceh Tengah usai serahkan sertifikat, didampingi Kakankemenag dan unsur lainnya.

InsyaaAllah kita bisa optimalkan penyertifikasian sesuai target, baik sertifikat tanah wakaf dan sertifikat produk halal bagi pelaku usaha dan kantin madrasah/sekolah di Aceh. Target sertifikat produk halal sampai enam ribu sertifikat untuk tahun ini. 

 

Harapan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Drs H Azhari MSi dalam kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah Wakaf pada Nazhir Wakaf dan Penyerahan Sertifikat Produk Halal bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, juga Kantin Madrasah, Takengon, 19 April 2024.

 

Kakanwil sampaikan data dan dinamika perwakafan dan penyertifikasian di Aceh, juga dasar hukum, nilai manfaat, urgensi dokumen, dan solusi atas problematika di lapangan. 

 

Kakanwil juga semangati para jajaran Kemenag atas suksesnya penyertifikasian ini. 

 

"Jangan bosan-bosan melayani. Jangan minta dilayani, tapi layani dengan maksimal. Semua usaha yang berkah akan menghasilkan hasil yang berkah," imbuh Azhari yang pernah menjabat Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Kabid Urais) dan Kabid Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penaiszawa). 

 

Dalam acara di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Takengon ini, Kakanwil dan Pj Bupati Aceh Tengah juga serahkan simbolis belasan sertifikat. 

 

Sementara Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan MT mengapresiasi amal baik hasil kemitraan Kemenag ini. 

 

"Selamat untuk para penerima sertifikat hari ini," apresiasinya. 

 

"Nazhir wakaf agar bisa mengelola dengan baik agar bernilai guna maksimal," ajaknya. 

 

"Pengelola tanah wakaf dan sertifikatnya sangat penting untuk menjaganya agar pengelolaan optimal," katanya. 

 

Pj Bupati juga sebutkan pentingnya pengurusan sertifikat halal. 

 

"Produk halal bukan hanya kebutuhan muslimin, juga kebutuhan global yang menjadi nyaman untuk dikonsumsi," sebut T Mirzuan. 

 

Sementara Kakankemenag Aceh Tengah H Wahdi MS MA sampaikan bahwa hasil kerja sama Kemenag, BPN, Kejari, penyuluh, KUA, dan lainnya, telah lahirkan seribuan sertifikat. 

 

"Sertifikat wakaf hasil bekerjasama mitra terkait, berjumlah 1.022" sebutnya. Ada 756 lokasi yang sudah bersertifikat, dan ada 42 lokasi sedang proses. 

 

Wahdi, yang pernah menjabat Kakankemenag Bener Meriah, juga sampaikan, bahwa hasil dari kemitraan, untuk sertifikat produk halal, yang sudah bersertifikat, sejak 2023, sudah ada 919 sertifikat. Dan ratusan lainnya sedang menyusul, bersama para penyuluh setempat. 

 

Pj Bupati juga telah membantu dana untuk puluhan persil, lapor Kakankemenag Aceh Tengah dan unsur Kejari Takengon. 

 

"Sertifikat wakaf inilah dokumen yang paling otentik, juga sertifikat tanah sendiri," ujar unsur Kajari Takengon. 

 

Bersama Kakankememag Aceh Tengah dan jajaran, Kakanwil dan tim lanjut ke Komplek MAN 1 Takengon. 

 

Di lokasi sebelahan PLHUT ini, dilangsungkan Peresmian Gedung Baru Ihmal Market, Deklarasi Zona Integritas (ZI) MAN 1 dan MTsN 1 Aceh Tengah, serta Launching Madrasah Diniyah (Madin) MAN 1 dan MTsN 1 Aceh Tengah. 

 

Tim Kanwil antara lain hadir Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad) H Zulkifli SAg MPd, Kabid Penaiszawa H Zulfikar SAg MAg, serta katim dan jajaran masing-masing. 

 

MPU, Kapolres, Kajari, Plh Rektor IAIN Takengon, Ketua DMI, BPN, Mahkamah Syar'iyah, dan unsur lainnya juga hadir. 

 

Ikut dalam rangkaian acara di dua lolasi ini, selain Forkopimda, juga mitra kerja Kemenag, jajaran Kankemenag, komite, dan undangan.

 

Agenda selanjutnya ialah Sosialisasi Tata Kelola Organisasi bersama Kasubbag TU, operator, dan pihak madrasah se Aceh di Grand Bayu Hill Hotel, dataran tinggi Gayo ini.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh