CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

12.480 Peserta Kanwil Kemenag Aceh Ikut AKGTK di 88 Tilok

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 204
Senin, 24 Juni 2024
Featured Image
Kakanwil Kemenag Aceh Azhari, Kabid Penmad Zulkifli dan peserta FGD Buku Saku Pembangunan ZI, Senin (24/6)

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi  Aceh  gelar Asesmen Kompetensi bagi Guru Madrasah dan Tenaga Kependididkan (AKGTK) 2024, sejak Senin hingga Rabu, 24-26 Juni 2024.

 

Asesmen yang digelar untuk Kepala Madrasah, Guru, Pengawas dan lainnya, serentak secara nasional digelar melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Ditjen Pendis Kemenag RI. 

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Drs H Azhari MSi mengatakan bahwa tujuan dari asessmen ini untuk memetakan dan mengevaluasi kompetensi guru dan tenaga kependidikan (GTK) madrasah secara terarah, sistematis, dan akuntabel. 

 

"Pemetaan ini dilakukan dengan mengumpulkan data tentang kompetensi pedagogik dan profesional guru madrasah, kompetensi manajerial, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan kepala madrasah, kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan pengawas madrasah ," jelasnya seusai membuka Focus Group Discussion (FGD) Buku Saku Pembangunan Zona Integritas (ZI) di Madrasah, di ruang rapat pimpinan, Senin, 24 Juni 2024.

 

Sementara itu Kepala Bidang Pendiidkan Madrasah (Penmad) H Zulkifli SAg MPd mengatakan bahwa peserta Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh berjumlah 12.480 peserta yang terdaftar.

 

Sedangkan titik lokasi  (tilok) sebagai Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) sebanyak 130 TAK, yang tersebar di 88 madrasah di 23 kabupaten/kota seluruh Aceh.

 

"Kemudian asesmen kompetensi tahun ini akan dilakukan berbasis digital melalui Aplikasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK)," pungkas Zulkifli yang baru kembali dari program penting pendidikan di Australia.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh