Pembagian Ijop dan Santunan Anak Yatim Awali Peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Aceh Timur

Inmas Aceh 22-10-2021 12:47

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (Irfan)--- Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 diperingati dengan semarak dan menerapkan prokes yang ketat berlangsung di halaman depan kantor kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Pada Jum'at 22 Oktober 2021. 

Acara tersebut juga dirangkai dengan pembagian izin operasional kepada 10 pondok pesantren baru dan pemberian santunan anak yatim kepada 20 orang santri pondok pesantren.

Seluruh peserta upacara memakai pakaian khas santri kain sarung, baju Putih dan kopiah, Kegiatan upacara dimulai dengan laporan peserta upacara kepada Komandan Upacara dan dilanjutkan dengan inspektur upacara memasuki lapangan upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H.Salman,S.Pd,M.Ag.

Seperti upacara umumnya, upacara peringatan hari santri nasional kabupaten Aceh Timur diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib, juga menyanyikan mars santri yang dinyanyikan oleh paduan suara MAN IC Aceh Timur.

Dalam kesempatan tersebut H.Salman mengatakan, santri harus berada di garda terdepan dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat sehingga ikhtiar pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 ini akan berhasil.

Salman juga mengatakan, HSN harus menjadi momentum bagi santri untuk terus meningkatkan kualitas diri serta ikut serta mengambil peran dalam pembangunan bangsa.

"Santri adalah komponen tidak terpisahkan dari sejarah bangsa ini. Santri merupakan komponen bangsa yang telah memberikan kontribusi besar dalam usaha perjuangan kemerdekaan, bahkan pasca kemerdekaan santri juga masih berjuang untuk mendidik umat dan memajukan negara," katanya.

H.Salman  juga mengungkapkan, bahwa sejarah telah mencatat keberadaan santri di nusantara sebagai tonggak awal sejarah kemerdekaan.

“Selamat hari santri, santri siaga jiwa raga,” ujar Salman mengutip perkataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.


Kepada santri Salman berpesan, banggalah telah menjadi santri. Tetap terus menjadi generasi muda yang berakhlak, berprestasi dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman.

Sebagaimana kita ketahui Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan lndonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Dayah,Kadis Syariat Islam,Kadis pendidikan, Kasubbag Tu H. Akly, S. Ag, MH Kasi PD Pontren Faisal S.Ag,Kasi Penmad Fadli S.Ag,kasi PAI Saiful Bahri MA,Kasi Bimas Islam Muhammad mansyur S.Sos.I MA,Kasi PHU Drs.H.muzakir MA,Peyelenggara Zakat dan wakaf H.Mulkan Sidamanik S.Sos.I MA ,Perwakilan Kepala KUA dan Madrasah serta ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW