Untuk Kemanusiaan, ASN Kemenag Subulussalam Donor Darah

Kankemenag Subulussalam 30-12-2019 16:10

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Subulussalam)

Subulussalam (Faisal)--- Sebagai bentuk kepedulian Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam melaksanakan Donor Darah pada serangkaian acara untuk memperingati hari lahirnya Kementrian Agama atau Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74. Senin (30/12).

Dengan mengambil tema “Umat Rukun, Indonesia Maju” Suasana kegiatan Donor Darah di sambut antusias oleh  Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam yang dilaksanakan di UTD Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSUD).

Kegiatan donor darah itu berlangsung usai pelaksanaan rapat finalisasi HAB Ke-74 tersebut melibatkan sukarelawan yang berasal dari Keluarga Besar Kemenag Subulussalam untuk ikut berpartisipasi menyumbangkan sekantung darah.

Salah satu pihak dari RSUD Ibu dan Anak Kota Subulussalam menyebutkan syarat-syarat untuk memenuhi kriteria sebagai pendonor pun cukup mudah, pendonor minimal berusia 17 tahun baik laki-laki dan perempuan.

“Selain itu harus melakukan serangkaian tes pengecekkan darah seperti, pengukuran Hemoglobin (Hb) dalam darah,” terangnya.

Menurutnya kegiatan donor darah tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti, menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Antusias peserta terlihat dari cukup banyaknya calon pendonor darah meskipun beberapa dari calon pendonor tersebut dinyatakan tidak layak karena kondisi Hb dan tekanan darahnya tidak memenuhi syarat dan masih pendeknya jangka waktu untuk yang pernah mendonorkan darahnya.

Disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam H. Marwan Z mengungkapkan bahwa ASN terlebih dahulu melakukan cek tekanan darah sebelum donor darah, hal tersebut merupakan proses untuk bisa donor darah.

Ia juga berharap untuk tahun selanjutnya para ASN dan Pramubakti dilingkungan Kemenag Subulussalam untuk bisa terbuka hatinya mendonorkan darah untuk kemanusiaan.

“Kami berharap agar setiap tahun tingkat partisipasi pendonor akan terus bertambah,” tandasnya. 

Pihaknya juga menyiapkan vitamin, suplemen, susu dan bubur kacang hijau kepada seluruh pendonor darah agar staminanya kembal fit.

Sementara itu Sahdin Boang Manalu salah satu ASN Kemenag Kota Subulussalam yang ikut mendonorkan darahnya mengungkapkan sukacitanya bisa berpartisipasi dalam kegiatan amal tersebut.

 “Alhamdulillah tahun ini bisa mendonorkan darah, semoga memberi manfaat bagi yang membutuhkan,” ungkapnya.


Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW