Pesan Daud Pakeh Saat Membuka Rapat Evaluasi Anggaran dan Kinerja Kemenag Aceh 2019

Inmas Aceh 18-12-2019 00:57

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Takengon (Inmas)--- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi  Aceh Drs HM Daud Pakeh membuka rapat Evaluasi Anggaran dan Kinerja Kemenag Aceh Tahun  2019  di Hotel Bayu Hill Takengon, Aceh Tengah, Selasa malam, 17 Desember 2019.

Rapat ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 17 s.d 19 Desember 2019 dan diikuti 106 peserta yang terdiri dari para Kepala Bidang, Pembimas, Kakankemenag Kabupaten/Kota dan Kasubbag TU, Kasubbag di Kanwil, Kasi Penmad/Pendis Kankemenag Kabupaten/Kota, serta staf sub Bagian  Perencanaan dan Keuangan.

Dalam kesempatan tersebut, Daud Pakeh meminta peserta rapat, khususnya kepala bidang dan Kakankemenag Kabupaten Kota untuk fokus pada peningkatan kinerja, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan berbagai inovasi agar kehadiran kita kian dirasa manfaatnya oleh masyarakat.

"Integritas, disiplin, inovasi dan bekerja ikhlas membangun lembaga ini, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, jangan hanya menjalani rutinitas, lakukan inovasi inovasi dalam pelayanan," pesan Daud Pakeh.

Ia berharap dengan adanya rapat tersebut dapat mengukur konsistensi antara perencanaan anggaran dengan pelaksanaan anggaran, serta dapat mengimplementasikan amanat KMA 702 tahun 2016 tentang pedoman perjanjian kinerja, pelaporan kinerja, dan tata cara reviu atas laporan.

Menurutnya, evaluasi merupakan sebuah proses identifikasi untuk mengukur atau menilai apakah suatu kegiatan program yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan serta tujuan yang ingin dicapai.

"Karena itu, evaluasi sangat penting dan dibutuhkan dalam manajemen pemerintahan sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas, efesiensi dan ekonomis kinerja sebuah instansi," jelas Kakanwil.

Ditambahkannya, beberapa informasi yang didapat dari proses evaluasi adalah tingkat kemajuan suatu kegiatan, tingkat pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan tujuannya dan hal-hal yang harus dilakukan dimasa yang akan datang dan harus lebih baik.

"Dengan demikian, pengukuran kinerja fungsi evaluasi dan pelaporan diarahkan dalam rangka mendapatkan keyakinan yang memadai terkait bagaimana evaluasi manajemen tersebut dilakukan," sebut Daud Pakeh.

Secara bersama-sama kita membahas apa yang telah kita lakukan di tahun 2019 dan menuju tahun 2020 ," katanya.

"Evaluasi untuk melihat gambaran kinerja kita di tahun 2019. Mudah-mudahan di tahun 2020 kita dapat memperbaiki kinerja kita, tahun depan harus lebih baik," katanya.

Ia juga mengatakan, Kanwil Kemenag Aceh saat ini memperoleh peringkat 3 nasional dalam hal realisasi anggaran. Prestasi ini menurut Daud tidak terlepas dari kinerja para pegawai Kemenag Aceh baik PNS maupun non-PNS.

"Sebab itu saya ingatkan kepada Kankemenag untuk menjaga adik-adik kita operator yang non-PNS. Mereka bekerja dengan sangat maksimal sehingga kita mendapatkan prestasi di tingkat nasional," ujarnya.

Hadir dalam acara ini Kakanwil Kemenag Aceh Drs HM Daud Pakeh, Kabag Tata Usaha Saifuddin SE serta seluruh Kepala Bidang dan Kasubbag di Kemenag Aceh, Pembimas serta staf sub Bagian  Perencanaan dan Keuangan.


Kategori Kantor Wilayah Aceh Informasi dan Humas
CONNECT & FOLLOW