CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Jelang Ditutup, Lebih 21 Ribu orang Sudah Melamar di Kanwil Kemenag Aceh

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1872
Sabtu, 30 November 2019
Featured Image

Banda Aceh (Inmas) - Hingga menjelang penutupan pendaftaran online seleksi CPNS Kemenag pada Sabtu (30/11/2019), jumlah pelamar di Kanwil Kemenag Aceh sudah mencapai puluhan ribu orang.

Hal tersebut disampaikan Kabag TU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, H. Saifuddin, SE.

"Sampai saat ini sudah 21.116 yang telah submit atau mendaftar, kemungkinan angka ini akan bertambah jelang batas akhir waktu pendaftaran hari ini," ujar Saifuddin. Sabtu (30/11).

Ia mengatakan, para peserta bersaing memperebutkan sebanyak 237 formasi dari berbagai jabatan di jajaran wilayah kerja Kemenag Aceh.

Sehingga jika dibandingkan, maka satu orang pelamar harus mengalahkan lebih 80 pelamar lainnya.

ia mengingatkan agar pelamar yang belum menyelesaikan pendaftran supaya  benar-benar teliti saat mengupload berkas. 

"Tolong benar-benar dilihat kembali saat mengupload berkas. Misalnya tanggal surat lamaran harus sesuai dengan tanggal submit atau pendaftaran. Bukan tanggal pembuatan akun," jelasnya.

Dia menambahkan, akreditasi Perguruan Tinggi (PT) atau prodi harus sesuai dengan tahun lulus yang dibuktikan dengan tahun ijazah.

Seluruh rincian formasi dan mekanisme pendaftaran dapat dilihat melalui website Kemenag Aceh(aceh.kemenag.go.id) atau melalui medsos Kanwil Kemenag Aceh.

Jadwal semula, pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 15 s.d. 29 November 2019, namun ada penambahan waktu sampai 30 November 2019. Seluruh berkas administrasi sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan dapat diunggah di https://sscasn.bkn.go.id.

Ia menambahkan penerimaan CPNS Kementerian Agama Provinsi Aceh tahun 2019, pelamar tak perlu lagi mengirim berkas adminitrasi dalam bentuk hard copy.

‘’Panitia akan memverifikasi berkas secara online. Peserta diharapkan teliti dalam melaksanakan proses pendaftaran, dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada dalam pengumuman,’’ ungkap Saifuddin.

Jadi, menurutnya pelamar cukup mengupload berkas melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). 

Kabag TU juga menyatakan selama proses pendaftaran yaitu mulai dari tahapan pendaftaran hingga pengumuman kelulusan tidak dipungut biaya apapun dan kalau ada oknum yang meminta uang mengatasnamakan pejabat Kementerian Agama, Saifuddin meminta agar dapat dilaporkan ke Kanwil Kemenag Aceh.

“Jadi dalam penerimaan CPNS tidak dipungut biaya apapun, jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang meminta uang untuk urusan jadi CPNS, apalagi ada yang mengatasnamakan pejabat kementerian agama, tolong dilaporkan kepada kami," pungkas Saifuddin.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang ia terima  dari BKN bahwa hal terbaru yang ada pada penerimaan CPNS tahun 2019, adalah adanya masa sanggah, atau waktu yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi.

Dijelaskan, pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi dan merasa bahwa yang bersangkutan telah mengupload berkas sesuai ketentuan, diberi waktu 3 hari untuk melakukan sanggahan melalui sistem SSCN yang akan ditanggapi oleh instansi dalam waktu 7 hari. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh