Kepala KUA Karang Baru Isi Pengajian Rutin

Kankemenag Aceh Tamiang 05-11-2019 15:10

M. Syu`ib, S. Ag, Kepala KUA Karang Baru Sedang Menyampaikan Materi pada Pengajian Rutin Bulanan Imam Kampung dan Imam Dusun se-Kec. Karang Baru (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tamiang)

Karang Baru (Sofyan/Dahlan) -- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Karang Baru, Selasa (5/11/2019) kembali mengisi materi pada pengajian rutin para Imam Kampung dan Imam Dusun se-Kecamatan Karang Baru yang dilaksanakan di Masjid Nurut Taqwa Medang Ara.

Pak Su`ib demikian sapaan akrabnya, kembali melanjutkan tentang BAB Shalat yang pernah disampaikannya pada pengajian sebelumnya. Ia melanjutkan tentang tata cara shalat masbuk dan sunnah-sunnah dalam shalat. Ia mengingat akan pentingnya melaksanakan hal-hal yang sunnah, "janganlah mengabaikan sesuatu yang sunnah, walaupun sunnah tapi penting untuk dilaksanakan, karena orang yang melaksanakan sunnah Nabi SAW di akhirat nanti akan mendapat safaat dari Nabi SAW," ujarnya.

Dalam pemaparannya kali ini Pak Su`ib menjelaskan tata cara menegur imam yang salah/lupa dan yang terkena najis. Lebih lanjut ia mengkonotasikan cara menegur imam ini seperti kehidupan berpolitik dan bernegara, bila pemimpin salah haruslah ditegur dengan tata cara yang sopan tidak grasak grusuk, tapi diingatkan seperti mengingatkan imam dalam shalat dengan mengingatkannya kepada Allah

Ia juga menjelaskan jangan mempermasalahkan bacaan imam yang bacaan Basmallahnya sir (samar), ataupun yang zahar (terang/terdengar), "semuanya ada dalilnya," tambahnya tatkala menjawab pertanyaan jamaah.


Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW