Prof Murniati Narasumber MGMP Matematika Tingkat MTs Banda Aceh

Kankemenag Banda Aceh 27-09-2019 11:51

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Banda Aceh)

Banda Aceh (Heri Ulka) - Prof. DR. Murniati AR, M.Pd, Guru Besar FKIP Unsyiah, menjadi narasumber pada kegiatan pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika tingkat MTs Sekota Banda Aceh, Kamis (26/9) di Aula MTs Ulumul Qur’an Pagar Ayee Banda Aceh. 

MGMP yang mengangkat tema “Eksistensi Organisasi MGMP Dalam Meningkatkan Profesional dan

Profesionalisme Guru”. Kegiatan tersebut bertempat dibuka oleh Ketua MGMP Matematika Banda Aceh Jumadal Afrizal, S.Si. M.Pd.

Dalam sambutannya Ketua MGMP Matematika MTs Kota Banda Aceh, Jumadal Afrizal, S.Si,

M.Pd, menyampaikan kehadiran Prof. Murniati adalah bentuk keseriusan pihaknya dalam menggerakkan roda organisasi MGMP dengan memberikan warna baru dan cara berpikir yang berparadigma baru sehingga MGMP menjadi wadah pertemuan yang mampu menghadirkan narasumber- narasumber berkualitas dan berwawasan luas sesuai bidangnya masing-masing.

Pihaknya akan terus berupaya menghadirkan narasumber berkualitas dalam setiap

pertemuan MGMP Matematika MTs Sekota Banda Aceh. Dalam menjalankan roda

organisasi MGMP tersebut pihaknya bersandar pada empat kompetensi guru yaitu

kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi

sosial. Sehingga pihaknya dalam setiap melakukan kegiatan menyesuaikan dengan keempat

kompetensi guru tersebut.

Prof. Murniati mengatakan bahwa MGMP merupakaN tempat kita menampilkan eksistensi, menggali berbagai potensi, sehingga apa yang kita miliki menjadi sinergi, mudah-mudahan kita mulai dengan bismillah akan menjadi ibadah. Selanjutnya beliau mengatakan, profesional berarti kita punya pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan wawasan. Supaya kita profesional maka diperlukan

profesionalisme atau sikap yang profesional. Sikap berarti karakter atau dalam bahasa agama

akhlakul karimah. Dalam melakukan kegiatan kita harus ikhlas, jujur dan senang dalam

melakukan kegiatan.

Ia menambahkan juga strategi kegiatan yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan MGMP yaitu workshop, dialog, studi kasus, diskusi panel, studi lapangan, seminar, lokakarya dan Diklat (pendidikan dan pelatihan), lanjutnya.

MGMP adalah sarana untuk membangun tim. Membangun tim (team building) adalah suatu upaya secara sadar untuk mengembangkan kerja kelompok dalam suatu organisasi. Membangun tim diperlukan agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien. Manfaat membangun tim adalah kepemimpinan berjalan efektif, setiap anggota muncul rasa memiliki, komunikasi antar anggota tim lebih luas, setiap anggota tim dapat berkontribusi sesuai dengan keahliannya, dan komitmen yang tinggi untuk mencapai tujuan bersama.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW