Kemenag Agara Launching Kartu Nikah Bagi Pengantin

Kankemenag Aceh Tenggara 11-07-2019 16:28

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tenggara)

Kutacane (Humas Kemenag Agara). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tenggara melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan Launching Kartu Nikah, Rabu (10/7) bertempat di KUA Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara. Acara tersebut dihadiri Bupati Aceh Tenggara diwakili oleh Staf Ahli Bidang Agama Baharudin sekaligus menyerahkan secara langsung kartu nikah pada kegiatan tersebut, Kepala Kankemenag Aceh Tenggara H. Salman, SPd.,M.Ag, Camat Kecamatan Lawe Bulan, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Lawe Bulan serta Perangkat Desa Lawe Sagu Kecamatan Lawe Bulan. Salman berpesan dalam sambutanya, “ Diharapkan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah bekerja sama untuk mensosialisasikan Kartu Nikah ini”.

Kepala Kemenag Aceh Tengggara H. Salman, S.Pd.,M.Ag berharap dengan adanya Kartu Nikah ini dapat memberi rasa aman dan percaya terhadap pasangan calon pengantin yang akan menikah. Terimakasih kami ucapkan pada Staf Ahli Bidang Agama dan para tamu undangan yang telah menyempatkan hadir pada acara Launching Kartu Nikah ini ucapnya sebagai penutup.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Agama Baharudin mewakili Bupati Aceh Tenggara dalam sambutanya menyampaikan agar pembinaan dan pelayanan di KUA lebih ditingkatkan dan bekerja sama untuk mensosialisasikan Kartu Nikah ini demi menjaga rasa aman dalam perkawinan.

Dilain kesempatan Kasi Bimas Islam Muliadi Imami, S.Ag., M.Si menerangkan diruang kerjanya bahwa ada 4 pasang pengantin yang diberi Kartu Nikah pada kesempatan ini masing-masing dari KUA Kecamatan Babbussalam 1 pasang KUA Kecamatan Lawe Bulan 2 pasang  dan KUA Kecamatan Lawe Alas pasang. Kasi Bimas Islam juga mengatakan bahwa Kartu Nikah ini mempermudah akses layanan KUA di seluruh Indonesia sebagai data pendukung yang akurat untuk memenuhi persyaratan administrasi tanpa harus melampirkan buku nikah, dan kartu nikah ini juga bermanfaat untuk mencegah pemalsuan buku nikah. Calon pengantin yang menikah pada tahun 2019 dan pada tahun-tahun berikutnya saja yang berhak mendapatkan Kartu Nikah ini oleh karenanya setiap calon pengantin dapat mengurus dan memiliki Kartu Nikah ini di KUA Kecamatan Lawe Bulan. Sebagai penutup Kasi Bimas Islam berharap mesin cetak kartu nikah ini dapat di miliki oleh KUA Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara dimana mesin cetak kartu nikah ini hanya ada 1 unit di KUA Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW