Kemenag Nagan Raya Latih Ketua Regu dan Ketua Rombongan Jamaah Haji

Kankemenag Nagan Raya 10-07-2019 17:15

Kakankemenag Nagan Raya Drs. H. Amiruddin Husein, MA, dan Kasi Bimas Islam Drs. H.M Basir memberikan meteri pada pelatihan Karu dan Karom. (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Nagan Raya)

Suka Makmue (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya menggelar pembinaan dan pelatihan ketua regu (karu) dan ketua rombongan (karom) jemaah haji dengan tema “Melalui pelatihan Karu dan Karom kita tingkatkan kepedulian dan kebersamaan dalam kloter untuk melaksanakan ibadah haji yang lebih sempurna” acara berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya, Rabu (10/7).

Pelatihan Karu dan Karom dilaksanakan selama dua hari, mulai dari tanggal 9-10 Juli 2019. Bagi Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Nagan Raya untuk tahun 1440 H/ 2019 M.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya Drs. H. Amiruddin Husein, MA mengatakan, pelatihan karu dan karom bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada ketua regu dan ketua rombongan, karena karu dan karom adalah bagian daripada manajemen kloter yang terdiri: Ketua kloter, pebimbing ibadah, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TPHI), Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Karu dan Karom.

“Dengan adanya pelatihan ini di harapkan dapat terjadi persepsi yang sama dan saling mendukung antara satu sama yang lain didalam pelaksanaan ibadah haji”, ujar Kakankemenag Nagan Raya.

Jumlah peserta pelatihan Karu dan Karom JCH asal Kabupaten Nagan Raya untuk tahun 1440 H/ 2019 M sebanyak 18 orang. Dengan materi tentang tugas pokok, fungsi dan uraian ketua regu pada saat pemberangkatan sampai pemulangan.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Nagan Raya Drs. M. Affan menambahkan, dengan adanya pembekalan terhadap karu dan karom, kami mengharapkan kepada ketua regu dan ketua rombongan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan materi pembekalan yang diterima dalam pelatihan ini.

“Disaat mulai berangkat dari Nagan Raya sampai ke tanah suci dapat mengatur anggota regu masing-masing dengan tertib dan baik, serta sempurna dalam melaksanakan ibadah haji dengan tiada kendala apapun”, tutup M. Affan.

Pemateri pada pelatihan Karu dan Karom diisi oleh: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya Drs. H. Amiruddin Husein, MA, dan Kasi Bimas Islam Drs. H.M Basir. [] 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW