CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Wabub Aceh Utara Buka Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 401
Rabu, 26 Juni 2019
Featured Image

Lhoksukon (Masnoer)--Sebanyak 539 Jamaah Calon Haji (JCH) Tahun 2019 mengikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten di Masjid Miduen Syuhada Bayu, kecamatan Syamtalira Bayu, yang dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Utara  Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng, Kamis (26/6)

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf dalam sambutan mengatakan calon jamaah haji dapat membekali diri dengan ilmu tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji agar semua rukun haji, wajib dan sunah dikerjakan sempurna.

“Selama pelaksanaan haji diminta dapat menjaga kesehatan, kekompakan dan menjaga nama baik daerah serta jangan lupa berdoa untuk keselamatan iman maupun kedamaian di propinsi Aceh. Khususnya Aceh Utara,” Katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji dan Umrah dalam laporannya menyatakan, jumlah JCH Kabupaten Aceh Utara untuk tahun ini sebanyak 539 orang, rencananya mereka akan diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang (Kloter) yaitu kloter 1, 6 dan 12, melalui Asrama Haji Banda Aceh.

"Untuk rombongan yang masuk dalam kloter 1 dengan Jumlah jamaah 100 orang, bergabung dengan JCH Pidie Jaya, Pidie, dan Sabang akan masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh pada Selasa 23 Juli 2019, terbang ke Jeddah hari Rabu 24 Juli 2019. 

Untuk kloter 6 dengan jumlah jamaah 388 orang seluruh JCH dari Aceh Utara masuk asrama Senin 29 Juni 2019, terbang Selasa 30 Juni 2019 dan kloter 12 dengan jumlah jamaah 54 orang bergabung dengan JCH dari Nagan Raya dan jamaah kuota tambahan dari Aceh. Sedangkan jadwal masuk asrama untuk jamaah pada kloter ini akan ditentukan oleh Kanwil Kemenag Aceh atau Ditjen PHU Kemenag RI, jelas H. Salamina.

Di akhir laporannya Kakankemanag mengharapkan kepada para jamaah haji yang akan berangkat ke tanaah suci untuk mempersiapkan diri baik segi fisik maupun mental. Karena pelaksanaan haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan ekstra fisik yang stabil, terutama harus menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna, harapnya.

Pembukaan manasik haji ini ikut dihadiri oleh, Kasubbag Tata Usaha, Para Kasi, Penyelenggara Kankemenag Aceh Utara, seluruh Kepala KUA Kecamatan, SKPK, Camat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat Aceh Utara.


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh