CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Rapat Optimalisasi Syariat Islam, Kakanwil Ajak Bangun Keluarga dengan Konsep Luqmanul Hakim

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 273
Selasa, 19 Desember 2023
Featured Image

"Mari membangun keluarga dengan konsep Luqmanul Hakim".

 

Ajakan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Kabid Urais) Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Dr H Mukhkis MPd dalam Rapat Optimalisasi Syariat Islam (Penguatan Institusi Keluarga), satu aula di Setda Aceh, Selasa, 19 Desember 2023.

 

"Hal ini disyaratkan, agar seluruh orang tua dapat meniru apa yang telah dilakukan Lukman kepada anaknya," jelas Mukhlis, yang hadir mewakili Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh.

 

Adalah Luqmanul Hakim dalam mendidik anaknya sebagai mitra belajar, mengedepankan hikmah kebijaksanaan dan keteladanan.

 

Luqman yang ada kisah mulianya dalam Al-Quran dan dikisahkan metode pengajarannya oleh para ulama, mendidik putranya di tengah tantangan di masa itu dengan pendekatan kebapakan dan kelembutan.

 

Lebih lanjut Mukhlis menyampaikan, gerakan maghrib mengaji  perlu juga digiatkan kembali sebagai upaya meminimalisasi pengaruh negatif saat ini.

 

"Di sini peran dari Guru PAI yang tersebar di seluruh Provinsi Aceh sangat penting dalam menggiatkan program ini," ungkapnya.

 

"Selain itu program bimbingan perkawinan wajib dilakukan agar setiap calon pengantin memiliki pengetahuan dan persiapan yang lebih matang dalam mengarungi bahtera keluarga, bahagia lahir dan batin," imbuhnya.

 

Kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Aceh itu dibuka oleh Asisten I Setda Aceh H Azwardi AP MSi dan dipandu oleh Karo Isra Setda Aceh Dr Yusrizal MSi.

 

Rapat di Kantor Gubernur Aceh ini, antara lain dihadiri oleh pejabat Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Sekretaris Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh (DP3A), Bappeda Aceh, Imam Besar Masjid Baiturahman Prof Dr Tgk H Azman Ismail MA, BKKBN, dan Ketua TP PKK Aceh.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh