CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

MAN 4 Aceh Besar Sukses Gelar Asesmen Bakat dan Minat Siswa Kelas 12

Image Description
Iqbal Saputra
  • Kontributor
  • Dilihat 691
Kamis, 16 November 2023
Featured Image

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Besar telah berhasil melaksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) untuk siswa kelas 12 pada periode 2 tingkat nasional. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 13 November sampai 16 November 2023 di Laboratorium Komputer MAN 4 Aceh Besar.

 

Kepala MAN 4 Aceh Besar, Muhammad SPd turut mengapresiasi kelancaran pelaksanaan ABM dan mengakui signifikansinya dalam membantu siswa memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan potensi mereka.

 

Wakil Kepala MAN 4 Aceh Besar Bidang Kurikulum, Eva Maulida SPd MPd menyatakan bahwa pelaksanaan ABM telah dilaksanakan dengan lancar dan tertib. Meskipun terdapat kendala teknis terkait server dan jaringan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan sigap oleh proktor dan teknisi.

 

"Alhamdulillah sudah selesai AMB-nya, dari segi kesiapan siswa sangat lancar dan tertib. Kita masuk dalam periode 2 tingkat nasional pelaksaan AMB ini, sebelumnya kita telah melakukan kegiatan simulasi pada tanggal 1-3 November 2023. Meskipun ada kendala teknis, namun dapat ditangani dengan cepat oleh proktor dan teknisi. Setelah ini kita hanya menunggu hasil dari pusat," kata Eva.

 

Eva menekankan pentingnya kegiatan ini dalam memetakan bakat dan minat siswa untuk mendukung keputusan mereka dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan memahami kebutuhan mereka ke depan.

 

Merujuk kepada petunjuk teknis Asesmen Bakat Minat 2023, ABM adalah tes yang mengukur potensi setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan dan pekerjaan. Artinya ABM merupakan tes yang berfungsi mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya.

 

Bakat dan minat peserta didik ini akan dipetakan berdasarkan sejumlah aspek yang terukur. ABM tidak sama dengan tes prestasi yang mengukur level kemampuan akademik. Sebab, Asesmen Bakat Minat tidak dirancang mengikuti silabus mata pelajaran tertentu. Kualitas jawaban dalam ABM akan bergantung pada daya nalar peserta tes. ABM 2023 dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online.

 

Ini merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang pelaksanaannya melibatkan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Tujuan ABM adalah mengumpulkan informasi tentang potensi murid di bidang-bidang tertentu berdasarkan sejumlah aspek yang terukur.

 

Hasil ABM nantinya disampaikan kepada peserta didik, sekolah, dan orang tua/wali sehingga bisa menjadi petunjuk untuk pengembangan diri setiap peserta didik. Dengan adanya petunjuk yang jelas, proses pengembangan diri peserta didik akan lebih terarah dan terencana. Hasil ABM dapat membantu peserta didik saat akan memilih jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mengembangkan potensi di lingkungan dan situasi baru nantinya.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh