CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Indeks Kepuasan 2022 Sangat Memuaskan, Menag: Terima Kasih Jemaah Haji Indonesia

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 212
Senin, 19 Desember 2022
Featured Image

Jakarta (Humas) - Badan Pusat Statistik (BPS) hari inimerilis hasil survei indeks kepuasan jemaah haji (IKJH) 1443 H/2022 M.Berdasarkan survei BPS, IKJH 1443 H/2022 M mencapai 90,45 atau masuk kategorisangat memuaskan.

“Alhamdulillah, hasil survei BPS yang dirilis hari initentang indeks kepuasan jemaah haji 1443 H/2022 M mencapai 90,45. Ini masukkategori Sangat Memuaskan,” terang Menag di Jakarta, Senin (19/12/2022).

“Ini kategori sangat memuaskan dengan indeks di atas 90 yangpertama kali dalam 11 kali pelaksanaan survei IKJH oleh BPS yang dilakukansejak 2010,” sambungnya.

Menag menyampaikan terima kasih kepada seluruh jemaah hajiIndonesia, khususnya mereka yang berangkat pada 1443H/2022M. Menurutnya, surveiini bisa didapat karena kesediaan para jemaah untuk mengisi instrumen yangdisiapkan oleh BPS.

“Terima kasih jemaah haji Indonesia. Jika ini dinilaisebagai sebuah keberhasilan, maka keberhasilan itu tidak terlepas juga dariperan seluruh jemaah haji Indonesia,” papar Menag.

Berdasarkan hasil survei BPS, kenaikan IKJH terjadi di semuadaerah kerja. Di banding survei tahun 2019, kenaikan indeks kepuasan dapatdilihat dari data berikut: Madinah 89,42 (2019: 86,44), Makkah 91,57 (2019:87,89), Armuzna 89,64 (2019: 82,57), dan Bandara 91,28 (2019: 87,94)

Dari aspek layanan, juga terjadi kenaikan signifikan. Untuklayanan Transportasi di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), indeks kepuasanmencapai 91,54 (2019: 80,37). Indeks kepuasan layanan Katering Armuzna 90,08(2019: 84,48). Sementara untuk indeks kepuasan layanan tenda Armuzna 87,91(2019: 76,92).

Untuk layanan di luar fase Armuzna juga naik, dengan datasebagai berikut: Transportasi Bus Antar Kota 91,93 (87,35), Petugas 90,32(87,06), Transportasi Bus Shalawat 90,76 (88,05), Ibadah 90,31 (87,77),Katering 91,72 (87,72), Hotel 89,35 (87,21), dan umum/lainnya 89,73 (85,41).

“Capaian ini menggembirakan, tapi juga menjadi tugas beratbagi Kementerian Agama dan stakeholders terkait untuk bisa mempertahankannya.Apalagi, kuota jemaah haji Indonesia tahun 2023 kita harapkan sudah kembalinormal,” harap Menag.

“Saya harus berterima kasih juga kepada seluruh petugas hajidan semua pihak yang terlibat atas sukses penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022 M ini,” sambungnya.

Menag mengapresiasi kinerja BPS yang secara konsisten telahmelakun survei indeks kepuasan jemaah haji. Menag mengaku, akan memperhatikansejumlah catatan dan masukan dari jemaah dan BPS untuk perbaikan layanan hajike depan. Menag juga sangat menaruh perhatian pada peningkatan kualitas layananbimbingan ibadah haji. Gus Men berharap hal ini bisa disiapkan lebih dini danmatang sehingga jemaah bisa mendapatkan bimbingan ibadah secara optimal.

“Kita mengagendakan rekrutmen petugas bimbingan ibadahdilakukan lebih dini agar mereka juga bisa segera memberikan pendampingan danbimbingan manasik kepada jemaah haji 2023,” urainya. [Kemenag]

 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh