[Kota Langsa | Erlisa] (13/01/2015) Peningkatan mutu pendidikan merupakan fokus perhatian dalam rangka memperbaiki Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), berbagai upaya terus menerus dilakukan baik pemerintah, lembaga pendidikan maupun masyarakat. Antara lain dengan perubahan dari model pembelajaran yang tradisional (model atau metode pembelajaran yang lebih berpusat pada guru) ke pengembangan model atau metode yang lebih berpusat pada siswa, salah satunya menerapkan pembelajaran yang kooperatif.
Pada saat Kepala Madrasah melakukan pengamatan supervisi akademik, hanya sebagian guru MI Gampong Meutia Langsa yang telah menerapkan pembelajaran kooperatif. Melihat kondisi tersebut Kepala madrasah sekaligus pemimpin pembelajaran di Madrasah merasa terpanggil untuk memperbaiki proses belajar mengajar di Madrasah, terutama meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif.
Berdasarkan hasil pengamatan kepala Madrasah setelah selesai melakukan supervisi, Ibu Khairul Husna, S.Pd.I M.Pd menjelaskan “Keterampilan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sebaiknya selalu ditingkatkan, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Seorang guru yang baik harus menunjukkan keseriusannya dalam merancang pembelajaran kooperatif yang benar dan berusaha melaksanakannya dengan baik pada saat PBM (Proses Belajar Mengajar) berlangsung sehingga para siswa tidak merasa bosan berada di dalam kelas,” tegasnya. [d/y]