CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakanwil Buka Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi bagi 1.200 Guru Madrasah

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 2000
Jumat, 2 Februari 2024
Featured Image

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Drs H Azhari membuka Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi yang diikuti dewan guru se Aceh. 

 

Training bagi pendidik secara virtual atau zoom ini diikuti 1.200 peserta, guru madrasah. Kegiatan daring diselenggarakan mulai Selasa hingga Jumat, 30 Januari - 2 Februari 2024, dan zoom meeting berjalan lancar. 

 

Dalam sambutannya, Kakanwil yang membuka acara sebelum membuk Rakor Penmad dan RKA SK Kankemenag Sabang serta pembinaan di Kankemenag Naga Raya dan Aceh Barat, sampaikan apresiasi atas gelaran pelatihan penting ini.

 

Kakanwil menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan pelatihan dan pengembangan kompetensi guru yang diprakasai oleh PW PGMNI Aceh.

 

"Kami mendukung penuh segala upaya peningkatan mutu guru yang dilakukan organisasi profesi ini, walaupun PGMNI Aceh ini baru dibentuk di Provinsi Aceh, tetapi hari ini nyatalah peranannya bagi madrasah di Aceh terutama dalam hal peningkatan mutu Guru. Guru yang bermutu akan melahirkan peserta didik yang bermutu pula dan tentunya juga meningkatkan kesejahteraan guru itu sendiri," ucap Azhari selanjutnya ikut menyemangati siswa di Dayah Ruhul Qurani Meulaboh. 

 

Pelatihan digelar Pengurus Wilayah Punggawa Madrasah Nasional Indonesia (PW PGMNI) Provinsi Aceh melalui Divisi Pengembangan Profesi, Pendidikan dan Pelatihan Menggelar Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Guru Madrasah bertajuk "Madrasah Merdeka untuk Guru Hebat Bermartabat". Indra Madiani MPd selaku moderator acara. 

 

Acara yang dibuka Kakanwil mengahadirkan pemateri utama Kamarullah SAg MPd (Widyaiswara Ahli Madya dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Kementerian Agama Aceh.

 

Ketua Umum PW PGMNI Provinsi Aceh Ismaidar MPd dalam sambutannya juga menyampaikan hal senada, dan mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan Kanwil Kemenag Aceh, PB PGMNI, Penerbit Erlangga dan Banzkana Studio yang telah mendukung penuh dan memfasilatasi kegiatan pelatihan ini sehingga hari pertama Pelatihan berjalan dengan lancar.

 

"Peserta yang mendaftar dan mengikuti Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi ini secara utuh akan diberikan sertifikat dengan jumlah 32 jam pelajaran yang kelak bermamfaat bagi peserta pelatihan," jelas M Khanif Asmara SHI selaku Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan ini.

 

"Kami berharap kepada semua peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari hari pertama hingga hari terakhir pada Jumat (02/02/2024) dan menyelasaikan tugas bila nantinya diberikan oleh pemateri,” tutup Khanif yang juga Sekum PW PGMNI. 

 

PW PGMNI Aceh dibentuk pada November 2023. Saat pelantikan yang bersamaan dengan MTQ Aceh, Kakanwil Kemenag Aceh sampaikan sambutan yang diwakili Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Kabid Urais) Dr H Mukhlis MPd, yang juga sekaligus Dewan Pakar PW PGMNI. 

 

Pelantikan sekalian Seminar Nasional bersama legislatif dan pakar ini, dihadiri Kakankemenag pada Kamis, 30 November 3023.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh