Idi (Irfan) -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H Salman SPd MAg hari ini, Senin 09 Mai 2022 bersama keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur melaksanakan Halal bi Halal dan Pembinaan Mental ASN sekaligus melaksanakan Lauching Aplikasi Website Kemenag Aceh Timur.
Dalam kesempatan tersebut H Salman mengatakan, untuk memberikan kemudahan dan keterbukaan informasi kepada masyarakat di era digital saat ini, Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur telah membuat sistem pelayanan berbasis Information Technology (IT) agar tercipta layanan yang efektif dan efisien melalui website resmi Kemenag Kabupaten Aceh Timur.
“Melalui portal http://acehtimur.kemenag.go.id, masyarakat dapat mengakses semua Informasi Publik baik seputar Haji, Madrasah, dan KUA," ujar H Salman
Dikatakannya, pelayanan masyarakat melalui website tersebut merupakan terobosan dan inovasi agar proses pelayanan kepada publik secara cepat dan tepat demi mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment sehingga zona integritas di Kankemenag Aceh Timur segera terealisasi.
“Memanfaatkan website dalam memberikan layanan bagi masyarakat terlebih untuk mendukung zona integritas ini agar terwujudnya peningkatan dan perbaikan layanan publik baik secara langsung maupun secara digital,” kata H Salman.
Menurut H Salman, pelayanan berbasis digital itu penting, sebab persoalan teknologi dan kebutuhan masyarakat terus berkembang, sehingga dibutuhkan inovasi-inovasi baru untuk pemenuhan layanan masyarakat yang lebih baik.
“Karena itu berbagai aspek yang berbasis digital akan terus dikembangkan,” katanya.
Layanan berbasis digital ini lanjutnya, telah mengembangkan beberapa jenis layanan, di antaranya E-SURAT, SIPAT, SIPEN, dan BUTET.
Tidak hanya itu, Kemenag juga mengembangkan layanan Sistem Informasi Laporan harian ku (Silahu).
Terakhir H.Salman mengharapkan seluruh ASN bisa berkontribusi aktif dan meningkatkan koordinasi internal dengan melakukan inovasi-inovasi dalam pengelolaan pelayanan publik berbasis digital.
“Kemenag Aceh Timur sebagai salah satu instansi vertikal pemerintah harus mampu menciptakan pelayanan yang terus semakin baik. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dan kerja sama semua pihak,” tuturnya.[yyy]