Kerjasama Sosialisasi Zakat dan Wakaf, Kabid Penaiszawa Silaturrahmi ke Baitul Mal Aceh Timur

Inmas Aceh 04-06-2021 18:23

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (Irfan)---Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur menerima kunjungan kerja dan silaturahmi Kabid Penaiszawa kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Drs.H.Azhari MA dan Kasubbag TU Kantor kementeriah Agama Kabupaten Aceh Timur H.Akly S.Ag MH serta Peyelenggara Zawa H.Mulkan Sidamanik S.Sos.I MA.

Rombongan yang dipimpin oleh Kasubbag TU H.Akly disambut oleh Kepala seketariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur Zairi S.Sos.I serta jajarannya.

Kabid Penaiszawa dalam kunjungan singkat tersebut mengatakan, silaturahmi dengan Baitul Mal Aceh Timur bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan melibatkan peran Penyuluh Agama Islam Non PNS dan  Baitul Mal Aceh Timur dalam rangka mensosialisasi zakat serta pengelolaan waqaf kepada masyarakat.

Lebih lanjut H.Azhari menyampaikan kepada Kepala seketariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur perihal sosialisasi yang masif terkait zakat dan wakaf perlu digencarkan secara bersama,dalam hal ini melibatkan peyuluh Agama Islam serta Peyelenggara Zakat dan Wakaf kantor kementerian Agama kabupaten Aceh Timur sebagai stakeholder.

“Kunjungan ini sebagai bentuk silaturahmi dan sharing informasi tentang zakat dan wakaf terutama gambaran dari Kemenag bagaimana cara mensertifikasi harta wakaf tersebut,” imbuh H.Azhari

Lebih lanjut H.Azhari menjelaskan bagaimana tahapan serta proses yang harus dilalui oleh nazir wakaf ketika ingin mensertifikasi harta wakaf. Hal yang pertama perlu dilakukan menurutnya, yaitu memperjelas dulu dokumen tanah wakaf.

“Setelah dokumenya sudah jelas, kementerian Agama melalui pejabat pembuat akta ikrar walaf (PPAIW) dalam Hal ini KUA akan memproses ikrar wakaf. Setelah itu baru ke Badan Pertanahan untuk mengurus sertifikat,” jelas H.Azhari.

Kepala seketariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur Zairi S.Sos.I menyambut baik silaturrahmi dan rencana kerja sama ini. Kehadiran bapak-bapak hari ini bak gayung bersambut bagi kami.

"Dengan pertemuan seperti ini kita bisa saling koordinasi untuk mengelola dan membina penerima manfaat zakat  dan wakaf.

Terakhir Penyelenggara Zawa H.Mukan memyampaikan pihaknya sudah kerja sama dengan BPN melalui program sertifikasi tanah wakaf gratis,bahkan pihak BPN Aceh Timur telah mencanagkan program pendampingan Pegukuran tanah Wakaf di setiap hari Jumat.

Selanjutnya Kabid Penaiszawa kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Drs.H.Azhari MA Menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Agung Darussalihin Idi Rayeuk dan menjadi narasumber pada acara Pembinaan Peyuluh Agama Islam Non PNS yang difalisitasi oleh Peyelenggara Zawa dan Seksi Bimas Islam Kemenag Aceh Timur.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW