CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh dan UIN Ar-Raniry Teken MoU Penguatan Pendidikan dan Keagamaan

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 489
Selasa, 22 September 2020
Featured Image

Banda Aceh (Humas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) dalam bidang pendidikan dan keagamaan di aula rapat Kakanwil, Selasa, 22 September 2020.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal S.Ag M.Ag dan Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA

Penandatanganan MoU ini sebagai bentuk sinergitas dan kerjasama antar dua lembaga dalam rangka memajukan pendidikan, keagamaan serta peningkatan kualitas pendidikan, kelembagaan dan sumber daya manusia.

Penandatanganan nota kesepahaman ini disaksikan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh Drs H Amiruddin MA, para Kasubbag dan Kasi, Wakil Rektor 3 UIN Ar-Raniry Dr. Saifullah, S.Ag., M.Ag  dan para wakil dekan 3 dari fakultas-fakultas di UIN Ar-Raniry.

Iqbal menyambut baik silaturrahmi yang dilakukan pihak UIN Ar-Raniry. Ia mengatakan, kerjasama yang telah lama terjalin dengan baik antar kedua lembaga harus dipertahankan.

Ia berharap kerjasama yang akan dijalani bersama UIN Ar-Raniry dapat memberikan kontribusi yang baik untuk lembaga dan Aceh.

"MoU yang kita tanda tangani dapat segera mungkin dilaksanakan. Ini untuk meningkatkan kualitas di lembaga kita," ujar Iqbal.

Saat ini,  kata Iqbal, Kemenag Aceh membutuhkan bantuan UIN Ar-Raniry terkait pelaksanaan asesmen pejabat serta kebutuhan terhadap sejumlah pakar keilmuan yang dapat mengabdi di Kemenag Aceh. 

Menurutnya, sebagai lembaga besar, UIN Ar-Raniry dipercaya mampu melahirkan alumni yang pakar di bidangnya masing-masing.

"Misalnya dalam bidang ilmu falak di Kemenag Aceh hanya ada satu orang yang pakar. Kita mengharapkan perhatian dari UIN terkait persoalan ini sehingga program kita dapat berjalan dengan baik," kata Iqbal.

Sementara itu, Prof Warul Walidin mengatakan, kerjasama antara Kanwil Kemenag Aceh dan UIN Ar-Raniry untuk saling menguatkan hubungan antar kedua lembaga dalam memberikan kontribusi terbaik untuk Aceh.

Ia mengatakan, saat ini UIN Ar-Raniry telah merencanakan sejumlah program seperti manajemen haji dan umrah, program PPG dan berbagai program lainnya. Program-program ini nantinya dapat diimplementasikan di Kemenag Aceh dalam meningkatkan pelayanan.

"Kita saling melengkapi, saling mengisi dalam  rangka mengimplementasikan visi misi Kementerian Agama di daerah. Bagaimana kita saling memberikan kontribusi untuk Aceh bahkan untuk nasional," ujar Warul.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh