Saat Pemantauan Mendung, Tim Rukyat Kemenag Sabang Tidak Melihat Hilal

Kankemenag Sabang 22-05-2020 19:55

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Sabang)

Sabang (Inmas) —- Kantor Kementerian Agama Kota Sabang melalui Seksi Bimas Islam menggelar pemantauan Hilal 1 Syawal 1441 H. Tim ini adalah salah satu dari 7 pemantau hilal yang diturunkan Kementerian Agama Provinsi Aceh. Pemantauan ini dilaksanakan di Pantai Kasih Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Jumat (22/05/2020).


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, Drs H Marzuki mengatakan pemantauan hilal ini merupakan tanggung jawab pemerintah (Kemenag) dalam menetapkan 1 Syawal 2020.


“Alhamdulillah pelaksanaan pemantauan hilal di Kota Sabang telah selesai. Dan sampai dengan terbenamnya matahari, tim rukyat tidak berhasil melihat hilal. Ini karena mendung dan hujan menyelimuti Kota Sabang”, Kata Marzuki.


Sejak siang cuaca di Kota Sabang terlihat mendung dan Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang mengumumkan kondisi cuaca yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai angin kencang. Prakiraan cuaca ini berlaku hingga sore.


Marzuki mengukapkan hasil pemantauan hilal di Kota Sabang ini akan dituangkan dalam laporan resmi untuk selanjutnya dikirimkan ke Kementerian Agama Provinsi Aceh, untuk data sebagai dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal oleh pemerintah.


“Dengan ini penetapan 1 Syawal 1441 H kita tunggu sama-sama dalam hasil sidang isbat yang dilaksanakan di Jakarta”, Tutup Marzuki.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Perwakilan dari Mahkamah Syariah Kota Sabang Nurhadi SH, Kasubbag TU Kemenag Sabang Alfaizin S Pd I MM, Kasi Bimas Islam Kemenag Sabang Zainuddin S Ag, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Sabang Masri S Ag, Ka KUA Kecamatan Sukakarya Firdaus S Ag, Ka KUA Kecamatan Sukajaya Muhammad Yani S Ag MA Hk dan perwakilan dari Tokoh dan Organisasi Masyarakat dalam Kota Sabang.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW