CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kankemenag Bireuen Gelar Lomba Video Pembelajaran Guru

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1121
Jumat, 13 Desember 2019
Featured Image
Bireuen (Farizal)Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, kantor Kemenag Bireuen melalui seksi pendidikan madrasah (penmad) menggelar lomba video pembelajaran guru madrasah dan Raudhatul Atfal (RA) di lingkungan kantor tersebut, tahun 2019.
Kegiatan lomba tersebut juga dimaksudkan untuk memotivasi para tenaga pendidik khususnya dalam mempraktekkan proses pembelajaran terbaik mereka di ruang-ruang kelas dengan beragam pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran.
Kepada peserta lomba diminta untuk membuat video singkat terkait kegiatan pembelajaran bersama siswa, mulai dari deskripsi profil guru yang bersangkutan, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, hingga kegiatan penutup proses pembelajaran. Adapun durasi video yang dipersyaratkan adalah minimal 15 menit dan maksimal 20 menit.
Selain itu peserta juga diminta untuk melampirkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan (RPP) yang mencakup materi, indikator, metode dan langkah-langkah pembelajaran, yang dibuat khusus dengan alokasi waktu 20 menit, sesuai durasi video.
Adapun tahapan kegiatan dimulai dari pengumumam lomba yang dilaksanakan pada awal Nopember lalu, kemudian penyampaian video peserta kepada panitia, penilaian oleh tim penilai yang dibentuk khusus, hingga diperoleh hasil video terbaik.
Sementara pengumuman pemenang lomba rencananya akan dibacakan saat puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama yang jatuh pada Jumat, 3 Januari 2020 nanti.
Terkait kegiatan tersebut, kasi penmad Azhary MPd menjelaskan bahwa kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini terinspirasi dari arahanbapak kepala bidang pendidikan madrasah kanwil Kemenag Aceh, H M Idris SAg MPd, yang disampaikan dalam acara pembinaan Aparatir Sipil Negara (ASN) kankemenag Bireuen pada Rabu, 2 Oktober 2019 lalu di aula Setdakab Bireuen.
Menurut Idris, kata Azhary, guru perlu diberi motivasi, ruang ekspresi guna mengaktualisasikan diri, sekaligus pengakuan atas kemampuan dan upaya peningkatan dan pengembangan kapasitasnya. Salah satunya adalah melalui kegiatan lomba video pembelajaran guru madrasah, cetusnya.
Karena itu penting dan bermanfaat lanjut Azhary, pihaknya segera membentuk panitia penyelenggara untuk segera mengeksekusi kegiatan lomba tersebut, dan meminta dukungan para pengawas madrasah demi suksesnya kegiatan.
Melalui lomba tersebut Ia berharap dapat memberikan masukan dan motivasi kepada para guru dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya.
“Alhamdulillah kegiatan lomba sudah berjalan dan melalui beberapa tahapan. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas dukungan, partisipasi dan kontribusinya dalam pelaksanaan kegiatan lomba ini,” ungkap Azhary.
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh