CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Ujian Semester Berbasis Android Pertama di Pedalaman Aceh Timur

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 906
Senin, 2 Desember 2019
Featured Image

Idi (Irfan Humas) Berada di daerah pedalaman, bukan lagi halangan untuk tertinggal dari kemajuan teknologi. Era digitalisasi saat ini, membawa angin segar bagi kemajuan pendidikan Indonesia, terutama di daerah yang sulit terjangkau. Pemanfaatan teknologi, seperti internet dan smartphone sudah mulai merambah ke daerah terpencil yang jauh dari perkotaan. 

Hal itu dapat dibuktikan dengan terselenggaranya Ujian Semester Berbasis Online di Madrasah Ibtidaiyaah Swasta (MIS) Buket Kareung Kecamatan Idi Tunong Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh.

Pada tanggal 02 Desember 2019, MIS Buket Kareung untuk pertama kalinya melakukan Ujian Semester Online. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan smartphone berbasis andoid yang disambungkan dengan koneksi server.

“ Begitu perangkat terkoneksi, maka akan  terhubung dengan server pengawas, sehingga jika ada siswa yang keluar dari aplikasi server sebelum merampungkan ujian, akan terdeteksi langsung” ujar Kasi Penmad H Mulkan Sidamanik S.Sos.I MA pada saat melaksanakan monitoring di madrasah tersebut.

MIS Buket Kareung  berada di lokasi yang jauh terpencil bahkan nyaris terisolir. Melalui terobosan pelaksanaan Ujian berbasis Online, menunjukkan terpencil bukan halangan untuk tidak memanfaatkan kemajuan teknologi.Papar H Mulkan.

Ujian Berbasis Online sendiri baru Pertama sekali dilaksanakan di kabupaten Aceh Timur, tetapi MIS Buket Kareung sudah siap melaksanakan pelaksanaan Ujian Online untuk pertama kali.Ujar H Mulkan dengan rasa haru sambil memberikan Apresiasi kepada  ibu HJ. Nurmala SPd.I Kepala MIS Buket Kareung.

Ujian Semester Berbasis Online  tidak jauh berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kesamaan dari kedua pelaksanaan ujian tersebut adalah dapat memperlihatkan hasil ujian secara langsung.ungkap H Mulkan.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh