Wujudkan Keseragaman Penganggaran, Seksi Penmad Kemenag Kota Sabang Gelar Sosialisasi E-Rkam

Kankemenag Sabang 06-11-2019 12:12

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Sabang)

Sabang (Rizl/ Vic) --- Kantor Kementerian Agama Kota Sabang Melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Sosialisasi Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis web (E-RKAM) di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sabang, Rabu (06/11/2019).

Plh Kankemenag Kota Sabang, Masri S Ag yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan harapannya terkait sosialiasi ini.

“Kami berharap kegiatan ini diikuti dengan serius oleh semua peserta, ikutilah semua materinya dari pertama hingga akhir. Diharapkan di masa mendatang akan  melahirkan sebuah anggaran yang baik lagi tepat sasaran sesuai aturannya yang berlaku," harap Masri.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kasi Penmad Munawar S Ag menjelaskan terkait sosialiasi E-Rkam. Ia menguraikan bahwa aplikasi ini hadir untuk membantu menyeragamkan perencanaan pengganggaran BOS madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Sabang.

"Aplikasi ini dikeluarkan oleh kemenag pusat untuk membantu madrasah menuju integrasi data dan ini adalah hal yang baru bagi kita. Jadi untuk kesempatan ini kami selaku seksi penmad menfasilitasi sosialisasi tersebut. Hal ini bertujuan agar pengelolaan anggaran-anggaran yang ada di madrasah bisa terkoordinasi langsung ke pusat," papar Munawar. 

Untuk diketahui bahwa E-RKAM adalah suatu sistem aplikasi berbasis jaringan untuk menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah. Aplikasi ini merupakan sistem informasi pengelolaan pendapatan dan belanja madrasah berbasis elektronik (online) yang digunakan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM).

Proses ini dimulai dari perencanaan anggaran sampai dengan proses penyerapan anggaran. Bertujuan untuk mengelola anggaran yang ter integrasi (terhimpun dalam satu kesatuan yang utuh), verivikasi (pemeriksaan tentang kebenaran perhitungan yang cermat),  dan validasi ( berproses sesuai prosedur dan kegiatannya).

Sosialisasi E-RKAM dihadiri oleh Kasubbag TU Alfaizin S Pdi MM, Kasi Penmad Munawar S Ag, Kasi PAI Juniar S Ag, Plh Kasi Bimas Drs H Kamaruddin, Pengawas Madrasah Drs Ridwan dan Kepala Madrasah Se-Kota Sabang beserta operator dana bos dan operator madrasah Se-Kota Sabang.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW