Siswa/i MTsN 4 Aceh Barat Daya Adakan Mini Market Day

Kankemenag Aceh Barat Daya 21-10-2019 16:29

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Barat Daya)

Blangpidie (Inmas/Vera Fitria) --- Siswa-siswi  MTSN 4 Aceh Barat Daya mengadakan Mini Market Day atau Bazaar di halaman madrasah diikuti oleh seluruh siswa kelas IX pada Sabtu, 12 Oktober 2019. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.00 dalam rangka pelaksanaan praktek mata pelajaran Prakarya. Berbagai macam jajanan dijajakan pada momen ini, mulai dari minuman segar, makanan, hingga aneka cemilan. Terdapat 3 stand dari 3 kelas IX A sampai IX-C, dan ketiganya tampak dipenuhi oleh siswa-siswi dari kelas lain dan para guru yang sangat antusias dengan berbagai macam jajanan yang unik, sehat, dan menarik.


“Alhamdulillah senang sekali, anak-anak sangat antusias melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan ini tentunya diharapkan bisa meningkatkan minat dan usaha anak-anak khususnya dalam mata pelajaran Prakarya.“ Kata Pak Yudha Bintoro selaku guru mata pelajaran sekaligus guru penguji praktik.

Kegiatan yang baru pertama kali ini diadakan juga didukung oleh Wakil  Kepala Bagian Kesiswaan pada madrasah tersebut, Ibu Nuraini. “Bagian kesiswaan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada guru yang bersangkutan. Dengan pembelajaran yang semacam ini, anak sangat antusias.

Kita bisa melihat anak-anak sangat berusaha dengan gigih untuk berani berbicara bagaimana menawarkan dan mempromosikan hasil karyanya sehingga bisa diminati oleh orang banyak terutama siswa-siswi di MTSN 4 Aceh Barat Daya.” Jelas Ibu Nuraini.

Selain itu, guru-guru lain juga sangat mengapresiasi kegiatan kesiswaan ini dan sangat berharap siswa-siswi konsisten untuk terus melakukan inovasi dan kreatifitas semacam ini untuk meningkatkan soft skill maupun hard skill sehingga bisa berguna bagi siswa di masa depan.  Hal semacam ini sangat bagus karena anak-anak bisa menunjukkan kemampuannya yang mungkin selama ini terpendam. Ini juga jadi momentum bagi siswa dan siswi bisa lebih berani dan percaya diri saat menawarkan produknya.

“Kami senang sekali, karena dengan kegiatan ini kami belajar tentang keberanian, kekompakan, dan tanggung jawab. Bisa lebih mandiri juga untuk berjualan dan melakukan hal-hal baru.” Kata Tiara selaku ketua OSIM.

Tiara juga menjelaskan bahwa setiap stand menjajakan menu produk yang beragam dan berbeda-beda dengan kisaran harga antara Rp.1000 ,- s.d Rp.2000,-.  Adapun modal usaha pada bazaar ini juga bervariasi. Ada yang berasal dari patungan tiap anggota, modal pribadi, maupun yang tanpa modal dengan sistem bagi hasil.

Kegiatan bazaar ini tentunya diharapkan bermanfaat untuk melatih kampuan wirausaha, tanggung jawab, mampu promosi, bersaing, mengelola sirkulasi modal dan mengkalkulasi laba usaha. 

Ke depan, kegiatan ini akan di laksanakam bukan hanya untuk praktek pada mata pelajaran namun juga pada moment lain seperti mengisi waktu luang setelah ujian sebelum pembagian rapor atau kenaikan kelas. [] 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW