K3M Madrasah di Aceh Barat Gelar Workshop Penilaian K13

Kankemenag Aceh Barat 12-07-2019 14:10

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Barat)

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) --- Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Aceh Barat bekerjasama dengan Penerbit Erlangga menggelar Workshop Sistem Penilaian Kurikulum 2013 (K13).


Kegiatan yang diikuti oleh 120 guru madrasah, terdiri dari  88 guru MTs dan 32 guru MA tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar, S.Ag di Aula MAN 1 Aceh Barat, Jumat (12/7).


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar, S.Ag dalam sambutannya mengapresiasikan pihak Penerbit Erlangga yang ikut berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di Aceh Barat dengan mendukung pelaksanaan kegiatan pengembangan diri guru madrasah dan kegiatan madrasah lainnya.


Lebih lanjut Khairul menjelaskan, kegiatan workshop sistem penilaian K13 merupakan salah satu hak seorang guru madrasah. Menurutnya, kegiatan pengembangan diri guru sangat perlu dilakukan untuk updating ilmu dalam memajukan pendidikan di era revolusi industri 4.0.


“Di samping menerima gaji dan tunjangan, seorang guru juga mempunyai hak dalam pengembangan diri,” ucapnya.


Khairul menghimbau kepada peserta workshop tersebut untuk serius mengikuti workshop tersebut dengan sempurna dan memahami semua materi, serta mengimplementasikan materi tersebut pada proses belajar mengajar di madrasah.


Khairul juga berpesan, dalam melakukan penilaian, seorang guru tidak mengedepankan ego sektoral, namun penilaian harus melihat potensi pengembangan dari siswa itu sendiri.


Selain itu, Khairul juga mengingatkan kepada Kepala Madrasah untuk terus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan serupa yang berbasis pengembangan diri untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Barat.


“Melalui kegiatan seperti ini dapat menambahkan kritisme seorang guru dalam melakukan proses belajar mengajar kepada siswa,” pungkasnya.


Lebih lanjut Khairul juga menghimbau kepada seluruh guru madrasah untuk menerapkan proses belajar mengajar dengan berbasis digitalisasi.


Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Almunawar Khalil, S.Pd., M.Si yang juga menjabat sebagai Ketua K3M MTs Kabupaten Aceh Barat mengatakan, kegiatan yang  berlangsung hingga Sabtu (13/7) bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam melakukan pembinaan dan penilaian K13.


Adapun pemateri ada kegiatan tersebut yaitu, Adi Darmawan, S.Ag sebagai pemateri Penilaian Sikap (Afektif), Pengetahuan (Kognitif), Keterampilan (Psikomotorik), dan Tips dan Trik Remedial dan Pengayaan. Jhon Abdi, S.Pd., M.Pd sebagai pemateri Quiz Online dan Penguatan Konsep, Aplikasi Penilaian Otomatis, dan Analisis Butir Soal secara Kualitatif dan Kuantitatif.


Pada pembukaan tersebut turut hadir Pimpinan Penerbitan Erlangga, Robi Darwis. Pengawas madrasah dan para Kepala Madrasah di Kabupaten Aceh Barat. []

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW