Kakankemenag Bireuen Bekali Karu dan Karom

Kankemenag Bireuen 11-07-2019 16:01

Kakankemenag Bireuen didampingi kasi PHU memberikan pembekalan kepada karu dan karom (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Bireuen)
Bireuen (Sulaiman/ Farizal)—Kepala kantor kemenag kabupaten Bireuen, Drs H Zulkifli MPd memberikan pembekalan kepada karu (ketua regu) dan karom (ketua rombongan) bagi Jamaah Calon Haji (JCH) kabupaten Bireuen. Acara berlangsung di aula kankemenag setempat pada Kamis (11/7/2019).
Pada kesempatan itu, Zulkifli mengatakan bahwa karu dan karom merupakan petugas yang memiliki posisi strategis karena langsung berhubungan dengan jamaah.
“Ketua regu merupakan petugas yang dipilih dari jamaah haji untuk memimpin setiap sepuluh jamaah haji. Sedangkan  karom adalah petugas yang juga dipilih dari jamaah haji untuk memimpin empat regu, ungkap Zulkifli.
Ia menambahkan, karu merupakan figur yang bersinggungan langsung dengan jamaah, sehingga karu dan karom harus mempersiapkan diri dengan niat iklas untuk mengemban amanah tersebut.
Sementara itu kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H Sulaimannur SAg mengatakan, tugas karu dan karom nantinya adalah membantu tugas pokok petugas kloter, TPHI, TPIHI, dan TKHI, serta TPHD. Karenanya Ia berharap karu dan karom dapat bekerjasama dengan petugas kloter.
“Kami berharap mereka dapat membantu, bekerjasama dengan petugas kloter secara ikhlas dan baik. Sebab karu dan karom juga penentu bagi lancer dan suksesnya pelaksanaan ibadah haji dalam kloter terkait, pinta Sulaimannur.
Secara teknis, lanjut Sulaimannur tugas mereka antara lain mengontrol anggota masing-masing agar tidak terpisal dari kelompoknya, menyampaikan informasi dari kloter. Juga mengambil jatah makanan ketika di Madinah dan Mekah, serta memastikan semua anggota mendapatkan semua layanan.
“Sebelum pemberangkatan, karu dan karom juga diharapkan saling berkomunikasi dan mengontrol anggota masing-masing,” pungkas Sulaimannur.
Kegiatan pembekalan tugas bagi karu dan karom untuk JCH asal kabupaten Bireuen akan dilaksanakan selama dua hari, mulai Kamis – Jumat,11 – 12 Juli 2019 besok, lanjut Sulaimannur.
Kategori Informasi dan Humas Penyelenggaraan Haji & Umrah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW