Kankemenag Nagan Raya Gelar Materi Akhir Sekaligus Penutupan Manasik Haji

Kankemenag Nagan Raya 02-07-2019 18:23

Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Nagan Raya mengikuti materi akhir sekaligus penutupan manasik haji. (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Nagan Raya)

Suka Makmue (Humas) – Setelah mengikuti bimbingan manasik haji untuk tahun 1440 H/ 2019 M, tibalah saatnya bagi para Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Nagan Raya mengikuti materi akhir sekaligus penutupan. Lokasi penyampaian materi akhir sekalius penutupan berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya, Selasa (2/7).

Kegiatan penutupan manasik haji turut di hadiri oleh Bupati Nagan Raya yang di wakili oleh Asisten I Setdakab, Kapolres Nagan Raya, Dandim 0116 Nagan Raya, Kajari Nagan Raya, Asisten II Setdakab Nagan Raya, Kepala Dinas Syariat Islam, Kadis Kesehatan, Kepala BPKD, Kepala BAPPEDA, Ketua MPU Nagan Raya, Ketua MAA Nagan Raya, Ketua Baitul Baitul Mal Nagan Raya, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Nagan Raya, Kepala Kantor Kementerian Agama Nagan Raya yang di wakili oleh Kasubbag TU Tgk. Aidy Putra, S.Ag beserta pejabat struktural lainnya dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya.

Ketua panitia pelaksana Drs. M. Affan sekaligus sebagai Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nagan Raya dalam kata sambutannya menyampaikan, “JCH regular Kabupaten Nagan Raya tahun 1440 H/ 2019 sebanyak 141 jamaah, JCH lansia sebanyak 10 jamaah dan JCH lulus cadangan sebanyak 11 jamaah. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 162 jamaah”, Ujar M. Affan.

Dari jamaah keseluruhan sebanyak 162 orang telah mengikuti manasik haji yang di laksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya selama 2 hari dan 8 hari tingkat Kantor Urusan Agama.

Jamaah haji asal Kabupaten Nagan Raya yang berangkat pada tahun ini terdiri dari 2 kloter, yaitu kloter 3 dan kloter 12. Untuk kloter 3 berangkat dari Nagan Raya pada hari Rabu 24 Juli dan di terima di asrama haji Banda Aceh jam 22.10 Wib dan terbang pada hari Kamis 25 Juli jam 21.45 Wib. Sedangkan untuk kloter 12 masuk asrama haji pada tanggal 03 Agustus jam 11.00 Wib dan terbang pada hari minggu 04 Agustus jam 10.55 Wib.

“Tamu agung Allah calon jamaah haji yang sebentar lagi akan berangkat menenunaikan dan menyempurnakan rukun islam yang ke 5. Yang Insya Allah dengan izin Allah kalau Allah sudah mengundang, undangan itu jangan sia-sia jangan ada halangan dan rintangan apapun,” ujar H. Said Hamazali, S.Pd selaku Kadis Syariat Islam dalam kata sambuannya.

Asisten I Setdakab Nagan Raya Zulfikar, SH yang mewakili Bupati Nagan Raya menyampaikan “Para jamaah yang melaksanakan ibadah haji hendaknya berujung pada terjadinya perubahan perilaku tidak hanya menjadi baik untuk diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, bagi daerah, bangsa dan Negara”, jelasnya.

Asisten I Setdakab Nagan Raya juga berpesan kepada para calon jamaah haji, “selama berada di tanah suci jagalah kesehatan, karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air. Untuk itu di harapkan kepada JCH untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang di rasakan menganggu kesehatan”.

Kepada JCH asal Kabupaten Nagan Raya agar senantiasa mendoakan daerah yang kita cintai ini supaya selalu dalam lindungan Allah Swt dan dapat ditingkatkan kemakmuran dan kesejahteraannya. Sekaligus menutup manasik haji, Peusijuk dan Pelepasan Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Nagan Raya untuk tahun 1440 H/ 2019 M.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW