Tingkatkan Mutu, MTsN Tungkop Sosialisasi Keprofesian Berkelanjutan

Kankemenag Aceh Besar 20-06-2019 14:33

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Besar)

Kota Jantho (Burhan) – MTsN 2 Aceh Besar atau yang lebih dikenal dengan MTsN Tungkop mensosialisasikan Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepada dewan guru di madraasah tersebut.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 18 Juni 2019, berlangsung di ruang pengajaran MTsN 2 Aceh Besar bersamaan dengan kegiatan sidang kenaikan kelas bagi siswa kelas VII dan VIII.

PKB merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan dan peningkatan profesional guru. Dimana guru diharapkan dapat menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang pembelajar yang aktif dan profesional, sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran di sekolah dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kamarullah dari Balai Diklat Keagamaan Aceh, sebagai pemateri dalam paparannya mengatakan, guru dalam perjalanannya harus terus berbenah agar mampu bersaing mengikuti perkembangan jaman, sehingga kedepan kompetensi guru dapat terlaksana dengan optimal.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu lebih digiatkan pelaksaannya ke depan. Karena mustahil tanpa pernah mengikuti pelatihan dan sosialisasi guru-guru kita akan memahami update terbaru. Khususnya dunia pendidikan, sehingga kita tidak tertinggal dari daerah lain apalagi siswa di madrasah,” katanya.

Sementara itu, Kepala MTsN Tungkop, Sudirman M, S.Ag., dalam arahannya mengatakan, pengembangan mutu guru menjadi hal mutlak yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan.

Hal tersebut, menurutnya, sebagai upaya mendongkrak pengembangan sumber daya manusia Indonesia, khususnya para guru dalam menyongsong revolusi industri 4.0 dan meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Upaya memutakhirkan kompetensi guru membutuhkan kerja keras kita semua. Ke depan saya harapkan para guru di madrasah kita lebih giat lagi meningkatkan kompetensinya. Baik dengan belajar sendiri, belajar kelompok di sekolah, bahkan mengikuti pelatihan antar instansi pemerintah,” kata Sudirman.

Untuk diketahui, kegiatan PKB disamping sebagai upaya peningkatan kapasitas juga menjadi syarat pengembangan diri dalam mengajukan kenaikan pangkat bagi tenaga fungsional guru.[]
Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW