Kantor Kemenag Aceh Tenggara Melalui Seksi Bimas Islam Gelar Bimwin

Kankemenag Aceh Tenggara 28-02-2019 14:53

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tenggara)

Kutacane (Amrin) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tenggara yang diwakili oleh Kasubbag TU Saharudin, S.Ag, M.M membuka acara Bimbingan Perkawinan Gelombang II (Bimwin) bertempat di KUA Kec. Bambel Aceh Tenggara, Kamis (28/02). Turut mendampingi Kasi Bimas Islam, Penyelenggara Syariah dan Kepala KUA Kec. Bambel

 

Dalam sambutannya dihadapan 50 (lima puluh) orang peserta Calon Pengantin, Saharudin  mengatakan, ”Apa perlunya diadakan sosialisasi Bimbingan Perkawinan ini, ilustrasinya seperti ini pemilu saja yang dilaksanakan 5 tahun sekali perlu dilaksanakan sosialisasi tentang tata cara mencoblos pilihan kita masing-masing, apalagi masalah perkawinan yang akan kita nikmati dan lalui untuk seumur hidup, maka sosialisasi perkawinan ini melalui kegiatan Bimbingan Perkawaninan sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan rumah tangga yang kokoh berakhlak mulia sakinah mawaddah warahmah,” ujarnya. Nah, dalam keluarga yang sakinah mawaddah warahmah diharapkan akan lahir generasi yang berkualltas yang berguna untuk keluarganya, agamanya dan negaranya,” timpalnya.  

 

“Pemerintah melalui Kementerian Agama sangat genjar melaksanakan Bimbingan Perkawinan bagi calon pengantin, oleh karena itu kegiatan ini bukan di tempat ini saja, tapi dilaksanakan di seluruh Indonesia melalui Bimas Islam Kementerian Agama,”tambahnya kembali

 

Setelah membuka acara tersebut, Saharudin langsung menjadi narasumber dengan materi Memenuhi Kebutuhan Keluarga dan dalam paparannya beliau menguraikan bahwa pada prinsipnya dalam memenuhi kebutuhan hidup dalam rumah tangga sangat diperlukan Kecakapan Hidup (Life-Skill) seperti kemampuan menentukan prioritas dalam menentukan kebutuhan keluarga baik itu fisik ataupun non fisik, kemampuan melakukan reflekasi diri dan pasangan dalam mengidentifikasi permasalahan, mengenal potensi diri dan pasangan serta kemampuan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama untuk pemenuhan kebutuhan keluarga.

 

Sementara itu Kasi Bimas Islam Dr. Muliadi Imami, S.Ag, M. Si mengatakan, pada tahun 2019 ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tenggara akan melaksanakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) sebanyak 24 angkatan dengan target jumlah peserta 1200 orang. Kegiatan ini merupakan program dari pemerintah yang salah satu tujuannya adalah untuk menekan angka perceraian di masyarakat sambungnya kembali.  

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW