Pengukuhan Juara Lomba KUA Teladan dan Keluarga Sakinah Teladan Tahun 2015

Kemenag Aceh 03-06-2015 08:49

(aceh.kemenag.go.id/Kemenag Aceh)

[Redelong | Yusra] Bidang Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah menyelenggarakan acara Pengukuhan Juara Lomba KUA Teladan dan Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Kabupaten Bener Meriah tahun 2015 yang berlangsung pada hari Kamis 28 Mei 2015, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah.

Acara dihadiri oleh Bupati Bener Meriah, Staf Ahli Bidang Agama, Kadis Syari’at Islam, Kepala dan Pejabat di Kantor Kementerian Agama Kab.Bener Meriah, Ketua MPU, Kepala BP2AKB.PA, Kepala Baitul Mal, Ketua MAG, Ketua BP4, Ketua DMI, Ka. KUA se-Kab. Bener Meriah, Penghulu, Paif, Keluarga Sakinah, Kepala Madrasah, IPHI, Peserta lomba Keluarga Sakinah Teladan dan para tamu undangan yang berasal dari Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah dan undangan lainnya.

Dalam laporannya ketua panitia Kepala Seksi Urusan Agama Islam Azhari Ramadhan, M.Ag menyampaikan bahwa selain pengukuhan juara lomba KUA Teladan dan Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan juga melaporkan bahwa telah mengadakan seleksi Baca Kitab Kuning bagi Ka. KUA dan Penghulu dan seleksi Penyuluh Teladan tingkat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2015. Adapun para pemenang dari masing-masing lomba sebagai berikut:

I.Pemenang Seleksi Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Kab. Bener Meriah Tahun 2015

Juara I   Keluarga Drs. H. Yusrin.HS/Hj.Rasidah utusan Kec. Wih Pesam

Juara II  Keluarga Tgk. M. Aminsyah, S.Ag/Nurmawati utusan Kec. Pintu Rime Gayo

Juara III Keluarga H. Santa/Hj. Umi Aminah utusan Kec. Bukit

II.Pemenang Seleksi KUA Teladan Tingkat Kab. Bener Meriah Tahun 2015

Juara I   KUA Kecamatan Wih Pesam

Juara II  KUA Kecamatan Bukit

Juara III KUA Kecamatan Pintu Rime Gayo

III.Pemenang Seleksi Baca Kitab Kepala KUA dan Penghulu Tingkat Kab. Bener Meriah Tahun 2015

Juara I   Khaerul Masholeh, S.Ag (Kepala KUA Kec. Pintu Rime Gayo)

Juara II  Drs. Mukhlis Djumala (Kepala KUA Kec. Wih Pesam)

Juara III Nasraruddin, S.Ag (Kepala KUA Kec. Timang Gajah)

IV.Pemenang Seleksi Penyuluh Teladan Tingkat Kab. Bener Meriah Tahun 2015

Juara I   Adib Setiawan, S.Ag 

Juara II  Drs. Nawawi 

Juara III Samsul Bahri, S.Ag

Untuk Juara I akan mewakili Kabupaten Bener Meriah ke tingkat Provinsi Aceh. Kepada para pemenang diberikan hadiah berupa uang pembinaan, tropi dan piagam penghargaan.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bener Meriah yang diwakili Sekda Bener Meriah Drs. Ismarissiska, MM berlangsung khidmad dan lancar. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan keluarga merupakan unit terkecil bagi individu dalam masyarakat, namun keluarga merupakan pembentuk karakter paling kuat bagi suatu individu yang berpengaruh pada lingkungannya, masyarakat yang terbangun dari keluarga-keluarga sakinah adalah keluarga yang marhamah yang selanjutnya membentuk bangsa yang “baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur”.

Keluarga sakinah ini akan menjadi teladan yang berdampak bagi penciptaan karakter bangsa yang baik ditengah meluasnya pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa, agama dan akhlaqul karimah.

Lebih lanjut Sekda Bener Meriah menyampaikan KUA mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam rangka pencitraan Kantor Kementerian Agama secara keseluruhan, karena KUA merupakan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam pada tingkat Kecamatan akan tetapi cakupan tugas dan fungsinya sangat besar.

Sebagai unit pelayan publik, KUA dituntut mampu memberikan pelayan kepada masyarakat dengan optimal, pelayanan yang ada di KUA meliputi pernikahan, perwakafan, kemasjidan, bimbingan calon pengantin, pembinaan pengamalan agama, majelis taklim, pengukuran arah qiblat, sosialisasi produk halal, bimbingan manasik haji dan konsultasi keagamaan. Peningkatan mutu sumber daya manusia Kepala KUA/Penghulu terus menerus dikembangkan agar mampu memainkan kiprahnya sebagai sosok manager, ulama dan mufti ditengah masyarakat.

Program peningkatan kualitas kompetensi dan wawasan keilmuan para Kepala KUA/Penghulu dengan mengadakan Musabaqoh Qiro’atil Kutub (MQK) yang menekankan keahlian, kefasihan dan kebenaran membaca serta pemahaman makna teks kitab kuning agar Kepala KUA/Penghulu dapat mendalami ilmu-ilmu agama Islam dan mengambil rujukan dari sumber kitab-kitab Arab.

Di samping sebagai media peningkatan kompetensi juga sebagai media penguatan Kepala KUA/Penghulu sebagai ujung tombak dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Acara ini dimeriahkan dengan tarian gayo, nasyid yang dibawakan oleh siswa/i MIN dan kasidah yang dilantunkan oleh Ibu-ibu DWP Kemenag Bener Meriah. Acara ini diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Drs. Wardi Ibrahim (Kasi Peny. Syari’ah) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriahan. [humaskemenagbm/yyy]

 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW