CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Silaturrahmi Kakankemenag Kota Langsa ke MUQ

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 526
Senin, 30 Maret 2015
Featured Image

[Kota Langsa | Danil]  Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Langsa, Rabu (25/03) menyambut kedatangan Kakankemenag Kota Langsa Drs. H. Faisal Hasan beserta rombongan. Tim disambut dengan iring-iringan Shalawat Badar dari pintu gerbang sampai dimushallah Madrasah Ulumul Qur’an Langsa.

Acara yang dilaksanakan di Mushallah Madrasah Ulumul Qur’an turut dihadiri Geuchik dan Imum Gampong Desa Alue Pineung Timu, Alue Pineung dan beberapa tokoh Masyarakat sekitar komplek Madrasah Ulumul Qur’an Langsa.

Di Mushallah MUQ Kakankemenag beserta Ibu dipeusijuk oleh Tokoh Masyarakat sekitar Komplek Madrasah Ulumul Qur’an Langsa antara lain Imum Gampong Alue Pineung Timu, Imum Gampong Alue Pineung, Imum Desa Sukarejo, Geuchik Alue Pineung Timu, Geuchik Alue Pineung dan tokoh Masyarakat Alue Pineung Timu.

Kepala Madrasah Aliyah Samsuria, S.Ag. M.Pd pada saat acara pembukaan menyampaikan “Selamat Datang kepada bapak Kakankemenag beserta rombongan ke Ma’had ini (MUQ), sebagai mana kita tahu bapak Faisal Hasan merupakan bukan orang baru lagi bagi kita di sini. Karena beliau juga adalah anak dari pendiri dari Ma’had tercinta ini dan juga pernah menjadi Pengurus di Ma’had ini. Dan alhamdulillah sekarang Bapak Faisal Hasan sudah ditugaskan kembali di Kementerian Agama Kota Langsa.”

“Kami di Ma’had ini akan mendo’akan bapak Faisal Hasan dan Ibu semoga sehat walafiat dalam menjalankan amanah yang diembankan kepada bapak,” Samsuria menambahkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Langsa Drs. H. Faisal Hasan dalam kata sambutannya menyampaikan secara ringkas sejarah berdirinya Pesantren atau Dayah Bustanul Ulum Langsa yang dulunya beralamatkan di Jalan Irian sekarang Jalan Syiah Kuala Desa Tualang Teungoh.

Pada akhir tahun 1981 atas kerja sama Pemda Aceh Timur, MUI Aceh Timur dan Kantor Depag Aceh Timur, didirikanlah Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) yang kurikulumnya 50% Agama dan 50% pengetahuan umum, sistem lama yang berlaku di Dayah Bustanul Ulum diganti dengan baru yang modern,

Tahun 1983 Madrasah Ulumul Qur’an dipindahkan ke lokasi baru yang berterletak di pinggir jalan raya Banda Aceh-Medan, yaitu di Desa Alue Pineung Kecamatan Langsa, Kabupaten Aceh Timur (saat ini Kecamatan Langsa Timur Pemerintah Kota Langsa) lebih kurang tujuh kilometer sebelah Timur Kota Langsa, diasuh oleh sebuah Yayasan, yaitu Yayasan Dayah Bustanul Ulum. [d/y]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh