CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Webinar Penulisan Karya Ilmiah Penghulu: Menulis, Menulis, dan Menulis

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 442
Jumat, 11 Desember 2020
Featured Image

Banda Aceh (Akhyar)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) mengadakan kegiatan Webinar Penulisan Karya Ilmiah Penghulu Tahun 2020, sejak Kamis-Jumat (10-11 Desember 2020).

Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah Penghulu secara virtual atau zoom akhir tahun ini, dilaksanakan untuk empat angkatan.

"Setiap angkatan diikuti oleh 50 orang penghulu se-Provinsi Aceh," ujar Kabid Urais Binsyar Drs H Marzuki MA di sela-sela persiapan penyambutan kunjungan kerja Menteri Agama RI ke Band Aceh.

"Mengangkat tema “Mewujudkan Penghulu Kreatif dan Inspiratif dalam Menulis Karya Ilmiah” dengan alamat zoom meeting ID 397 280 3755 dengan pasword 0250306, acara berlangsung hingga sore," jelas moderator Zulfahmi.

"Dalam angkatan ke-4, sesi terakhir yang dimulai sejak pukul 14.00, Jumat (11/12/2020), peserta kembali dibahani materi penulisan oleh Dr Kustini Kosasih, seorang peniliti," jelas satu peserta, setelah acara, dari KUA Krueng Barona Jaya Aceh Besar, yang sebelumnya pernah mengabdi sebagai Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Aceh.

"Narasumber ini mengangkat tema "Cara Praktis Mencari, Memilih, dan Menulis Karya Ilmiah yang Baik dan Benar," lanjut peserta ini, yang lama berkiprah di KUA di Banda Aceh.

"Peneliti itu menyampaikan materi dengan sistematis, detail, dan terukur, mulai dari mencari judul atau topik yang menarik, hingga kiat menulis kesimpulan, sehingga  menarik diikuti oleh seluruh penghulu yang bergabung dalam sesi tersebut. Pemateri juga banyak berbagi pengalaman serta motivasi yang luar biasa bagi penghulu," urai peserta ini, yang juga pernah mengabdi selaku Kepala Seksi PHU Kankemenag Kota Subulussalam itu.

"Waktu dua jama terasa singkat, mengingat penyampaian yang dapat dipahami semua penghulu, juga tidak terlepas dengan kepiawaian pembawa acara/moderator, Zulfahmi, admin dan staf di Bidang Urais Binsyar.

Dr Kustini juga meminta agar penghulu memulai karya tulis ilmiah pada hal-hal yang biasa dikerjakan berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari seperti mengonsep materi khutbah nikah. Atau karena hari ini bertepatan hari Jumat dapat mengangkat dan menulis tema khutbah Jumat. Sehingga terbiasa menulis dan akhirnya menjadi kemudahan bukan suatu kesulitan sebagaimana yang tergambar selama ini.

Pemateri lainnya untuk angkatan ini, Yusuf Maulana (Praktisi/Editor). Angkatan sebelumnya, tampil juga antara lain Abdul Jamil SAg MSi (Peneliti), dan praktisi dari media massa (Harian Serambi Indonesia). Tema materi lainnya, "Peluang dan Tantangan Peublikasi Karya Ilmiah".

Di bagian akhir penyampaian Kustini, ditanyai salah seorang peserta, "Bagaimana agar dapat mudah menulis karya ilmiah?"

Dengan santai Kustini menjawab peserta online ini, "Menulis, menulis, dan menulis. Artinya jangan banyak berteori, mulailah dengan menulis dari SEKARANG."

"Insya Allah, kami penghulu akan mempraktekkannya. Amin ya Rabb," sahut dan janji peserta.[yyy]

(Akhyar SAg MAg, Peserta Angkatan ke-4 Webinar Penulisan Karya Ilmiah Penghulu Tahun 2020; Calon Penghulu KUA Kec. Krueng Barona Jaya Aceh Besar)



Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh