[Ar-Raniry | Nat Riwat] Tim Cyber Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melatih penggunaan Sistem Informasi Akademik Online bagi pegawai akdemik kampus itu, pelatihan itu berlangsung 10-11 Mei 2014 di Permata Hati Trening Center Aceh Besar.
Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA usai pembukaan, Sabtu (10/5) mengatakan, program ini sudah selayaknya diterapkan di kampus ini, kampus saat ini sudah berubah baik zamannya, nama dari IAIN menjadi UIN, penambahan jurusan, maka ini harus sinergi dan akan dijalankan oleh tenaga yang ada di UIN Ar-Raniry.
“Ini sudah tuntutan zaman untuk menggunakan program di Kampus yang serba online, berkaitan dengan sebuah perubahan besar yang terjadi di UIN Ar-Raniry, baik nama, program studi, fasilitas, dan ini juga harus ada perubahan gaya,” kata Farid Wajdi.
Rektor mengharapkan, dalam waktu dekat program ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik, pada saat penerimaan mahasiswa baru tahun ini diharapkan program ini dapat direalisasikan, “Bagi peserta yang ditugaskan untuk mengikuti pelatihan ini agar serius mengikuti semua materi dan praktik yang difasilitasi oleh panitia nantinya.
Ditambahkan, kita patut bangga, kampus UIN Ar-Raniry telah banyak perkembangan sejak diresmikan sebagai UIN ke-7 di Indonesia, ini akan terus ditingkatkan di masa mendatang apa lagi dengan menggunakan system ini akan lebih hemat baik dari fasilitas maupun tenaga SDM.
“Ke depan aka ada juga integrasi ilmu-ilmu pengetahuan umum dengan ilmu agama, upaya yang telah dilakukan selama ini diantaranya setiap mahasiswa baru UIN Ar-Raniry harus masuk asrama selama satu tahun, mereka akan diberi bekal ilmu keislaman dan membina akhlak,” ujarnya di sela-sela pelatihan.
Lebih lanjut Farid Wajdi mengharapkan kepada tim cyber, setelah pelatihan ini telah bertambah anggota untuk mengembangkan lembaga ini, dan lakukan pengabdian kepada lembaga UIN Ar-Raniry, semoga lebih baik di masa mendatang.
Sementara Ketua Tim Cyber Nazaruddin Musa, MLIS mengatakan, pelatihan dilaksanakan serentak antara staf akademik di biro dengan staf akademik di fakultas-fakultas, namun dalam pelaksanaannya peserta dibagi dua bagian, masing-masing peserta akan diberikan modul pelatihan sesuai dengan tempat bertugas.
“Sistem ini akan diaplikasikan pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2014 ini, oleh karena itu peserta diharapkan benar-benar dan serius dalam mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesai, karena dalam waktu dekat ini akan dijalankan di fakultas masing-masing,” kata Nazar Cyber.
Nazaruddin menambahkan, pada dasarnya pelatihan ini telah direncanakan sejak dibentuk tim ini, namun dengan berbagai kendala dilapangan maka pelatihan ini baru dapat dilaksanakan pada bulan Mei ini.Dia menyebutkan, peserta pada pelatihan berjumlah 62 orang yang terdiri dari staf akademik Biro dan staf akademik fakultas di lingkungan UIN Ar-Raniry, pelatihan dilaksanakan selama dua hari.
Diyakini bahwa pelatihan selama dua hari ini tidak akan maksimal karena terlalu banyak data nilai mahasiswa (KHS) yang harus diisi yaitu dari tahun 2010 sampai 2014. oleh karena itu perlu dilanjutkan pengisian data di Fakultas masing-masing karena akan jika tidak akan berpengaruh pada transkrip nilai.
“Pelatihan ini dapat menghasilkan yang terbaik, system informasi akademik online ini telah disiapkan dengan sempurna, bagi kita hanya menggunakannya sesuai dengan kebutuhan di masing-masing kita, yang paling penting ke depan program ini dapat dipergunakan dengan maksimal,” imbuh Nazar Musa.
Lebih lanjut dikatakan, jika semua data baik dosen, mahasiswa, prodi, serta fasilitas pendukung lainnya sudah terinput ke dalam sistem, maka akan sangat mudah untuk dijadikan laporan sesuai keperluan, seperti PDPT, Emis, lainya dapat dikirim secara online. [y]