CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Seorang Petugas Haji Asal Aceh Meninggal di Mina

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 1900
Senin, 17 Juni 2024
Featured Image
PPIH Embarkasi Aceh Ahmad Yani serahkan perlengkapan kloter pada almarhum Manshur, Selasa (4/6).

Seorang petugas haji asal Aceh, H Manshur bin Ahmad SAg, dilaporkan meninggal dunia di Mina, Arab Saudi, dini hari Senin, 17 Juni 2024, pukul 02.30 WIB.

 

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh (BTJ) 1445H/2024M Drs H Azhari MSi sampaikan, "Almarhum dilaporkan mengalami kelelahan."

 

Menurutnya, almarhum merupakan pembimbing ibadah (bimbad) atau Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kelompok Terbang 7 Embarkasi Aceh (BTJ-07), manifes 02, meninggal di RS Mina. 

 

Almarhum merupakan Penghulu di KUA Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, yang juga tercatat sebagai Sekjen MPO Ikatan Siswa Kader Dakwah (Iskada) Aceh.

 

Almarhum juga Pengurus BKM Masjid Besar Syuhada Lamgugob, Pengurus IPHI Aceh, Pengurus BKPRMI Aceh, dan Pengurus Mushalla Dusun Tunggai Lamgugob.

 

"Insya Allah beliau husnul khatimah, mabrur amalnya. Kita doakan keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah menerima cobaan," ujar Azhari.

 

Ketua Kloter atau Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) BTJ-07 Dr H Abd Syukur MAg sampaikan, saat di rumah sakit, almarhum sempat meminta dirinya lewat HP untuk membimbing jemaah dan minta saya badalkan lontar jamarat atas nama beliau dan ada satu lagi nama jemaah yang beliau sebutkan. 

 

Dalam laporan kloter 7, ketua kloter juga sebutkan, setelah mengurusi administrasi almarhum Manshur Yusuf di RS Mina, kemudian pihaknya mengantar jenazah, ditemani PHD Dr H Damanhur Lc MA, ke Masjidil Haram, untuk kifayah dan shalat jenazah di Masjidil Haram. 

 

"Kemudian kami menyusul ke pemakaman almarhum ke maqbarah di Makkah. Kemudian kami kembali lagi ke Mina untuk bertugas kembali sebagaimana mestinya," pungkas Abd Syukur, didampingi dr Nurul Akhrima Abdul Azizi, Ns Nurul Hikmah Tajuddin, Ns Ibnu Hajar Alamsyah, (TKHI/dokter dan perawat) serta dibantu Teuku Iskandar, Damanhur, dan Nanda Dewi.

 

Jemaah BTJ-07 asal Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe ini, tiba mendarat di Jeddah, Rabu, 5 Juni 2024, pukul 04.10 WIB atau pukul 00.10 WAS. 

 

Sebelumnya, kloter 7 yang masuk asrama Senin malam pukul 21.00, keluar dari asrama keesokannya, Selasa sore, pukul 17.10 WIB. Dan Boeing 777-300ER GA-2107 take off pukul 19.12 WIB. 

 

Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh Ahmad Yani SPdI yang juga Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Aceh dan jajaran, antar jemaah hingga dalam pesawat.

 

Saat pelepasan sore Selasa, 4 Juni, Ahmad Yani ikut serahkan  perlengkapan kloter pada almarhum H Manshur, di aula Jeddah Asrama Haji Banda Aceh.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh