CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Satgas Halal Aceh Buka Layanan Halal Gratis di Ramadhan Festival

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 218
Minggu, 31 Maret 2024
Featured Image
Sekretaris Satgas Halal Kanwil Kemenag Aceh Alfirdaus Putra dan jajaran sedang layani penjaja menu Festival Ramadhan.

Satuan Gugus Tugas (Satgas) Jaminan Produk Halal Kanwil Kemenag Aceh membuka layanan halal gratis di acara Ramadhan Festival 2024 yang berlangsung di bekas Hotel Aceh tepat di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh mulai Kamis-Senin, 28 Maret-1 April 2024.

 

Posko layanan halal ini dapat dijumpai di stand Pojok Halal yang disediakan oleh Satgas Jaminan Produk Halal Kanwil Kemenag Aceh.

 

Sekretaris Satgas Halal Kanwil Kemenag Aceh Dr H Alfirdaus Putra SHI MH mengatakan, sertifikasi halal di acara ini  khusus untuk usaha mikro, kecil serta usaha rumahan.

 

"Diharapkan pelaku usaha yang menjual jajanan di Aceh Ramadhan Festival mengurus sertifikasi halal di pojok halal," kata Al Firdaus, Sabtu, 30 Maret 2024.

 

Ia mengatakan, kehadiran Pojok Halal ini dapat memudahkan para pelaku usaha mikro dan rumahan untuk konsultasi, pendaftaran dan verifikasi oleh para pendamping proses produk halal. 

 

Firdaus mengatakan, bagi para pelaku UMKM yang ingin produknya disertifikasi maka cukup membawa KTP pelaku usaha, KTP penyelia halal dan contoh produk yang akan disertifikasi.

 

"Penyelia halal yang dimaksud untuk sertifikasi self declare ini adalah orang yang mengetahui proses pembuatan produk tersebut. Selain dari itu pelaku usaha juga menjelaskan bahan baku yang digunakan serta proses pembuatan produk tersebut ketika pendaftaran pada pendamping halal yang ada di booth Satgas Halal yang kemudian akan dibantu daftarkan di aplikasi Sihalal," katanya.

 

Menurut Firdaus, layanan halal gratis ini merupakan bagian dari program Wajib Halal 18 Oktober 2024 atau WHO 2024.

 

"Bagi pelaku usaha UMKM dapat berkonsultasi juga ke KUA karena di sana terdapat petugas pendamping proses prosuk halal yang akan  membantu untuk proses sertifikasi. Untuk proses verifikasi dan pendampingan di tempat produksi akan dilakukan sesuai dengan kesepakatan pelaku usaha dan pendamping halal," ungkapnya.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh