CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Perjalanan Panjang Jemaah Simeulue dan Singkil Menuju Baitullah

Image Description
Muhammad Yakub Yahya
  • Penulis
  • Dilihat 134
Minggu, 9 Juni 2024
Featured Image
Kakankemenag Simeulue H Nashrullah MA bersama jemaah kloter 12, pagi Ahad (9/6).

Jemaah kloter 12 akhirnya masuk asrama Haji Banda Aceh pada Minggu 9 Juni 2024, pukul 08.00 WIB.

 

Kloter 12 merupakan kloter terakhir keberangkatan jemaah ibadah haji dari Aceh untuk 2024.

 

Sebanyak 44 orang di antaranya berasal dari Singkil dan 15 orang dari Kabupaten Simeulue.

 

Kabupaten Simeulue merupakan kepulauan terluar dari Aceh. Jemaah haji dari Simeulue sudah berangkat 4 hari sebelum terbang ke Tanah Suci.

 

Jemaah asal Simeulue dalam kloter 12, berangkat dari kampung halamannya menuju Pelabuhan Kolok Sinabang, Kamis sore, 6 Juni 2024. 

 

Mereka hampir semalaman dalam Kapal Aceh Hebat 1. Jemaah berlabuh di Samudera Indonesia hingga tiba ke daratan Aceh Jaya, Jumat pagi 7 Juni 2024.

 

Selanjutnya para jemaah melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Calang menuju Banda Aceh.

 

Mereka menginap hampir dua malam di Banda Aceh, sebelum akhirnya masuk asrama haji pada Ahad pagi, serta terbang menuju tanah suci pada Senin pagi.

 

Artinya, jemaah kepulauan ini dari darat ke pelabuhan untuk lewati laut, hingg ke darat lagi, dan menginap dua malam, tambah satu malam di asrama, lalu mengudara menuju Baitullah. Nanti pulang juga begitu, akan sama lamanya. 

 

Hampir sama seperti Simeulue, 44 jemaah asal Singkil juga berangkat menuju Banda Aceh, sejak Jumat 7 Juni 2024. Usai jumatan jemaah dijamu makan di pendopo, dan bergerak ke Banda Aceh. 

 

Adapun total jemaah plus petugas untuk kloter 12 berjumlah 390 orang. Jemaah untuk kloter ini terdiri dari Aceh Barat 1 orang, Abdya 96 orang, Aceh Besar 2 orang, Aceh Selatan 148 orang, Aceh Singkil 44 orang, Pijay 2 orang, Simeulue 15 orang, Banda Aceh 19 orang, Langsa 1 orang, Lhokseumawe 2 orang, dan Subulussalam 52 orang.

 

Untuk jemaah termuda bernama Ghina Ghufrani Ayati berusia 22 tahun dari Kota Subulussalam. Sedangkan Jemaah tertua kloter 12 bernama Raudah Saddap berusia 96 tahun juga dari Kota Subulussalam.

 

"Kita berharap semua jemaah bisa sehat-sehat selama di tanah suci. Fokus beribadah karena haji merupakan panggilan," ujar Kakanwil Kemenag Aceh yang juga Ketua PPIH Embarkasi Aceh, Drs H Azhari MSi. []

Fotografer : Muhammad Yakub Yahya/MCH
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh